PENGARUH PEMBELAJARAN MODIFIKASI PERMAINAN BOLAVOLI MINI TERHADAP HASIL BELAJAR SERVIS BAWAH (Pada Siswa Kelas V SDN Jeruk I Surabaya)
Abstract
Abstrak
Pembelajaran pendidikan jasmani di Sekolah Dasar memiliki banyak metode atau media dalam cara penyampaian materi kepada siswa. Contohnya di SD Negeri Jeruk I Surabaya menggunakan strategi pembelajaran metode demonstrasi. Strategi pembelajaran metode demonstrasi dipakai guru pendidikan jasmani khususnya pada materi bolavoli. Bila guru selalu membelajarkan bolavoli dengan metode demonstrasi terus menerus, maka siswa akan menjadi bosan dan tidak bisa berkembang ke pembelajaran pendidikan jasmani yang lain. Maka timbul pemikiran dan keinginan untuk mencari model pembelajaran menggunakan modifikasi permainan bolavoli mini untuk penyampaian materi bolavoli. Penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian eksperimen, dengan pendekatan Kuantitatif. Sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas V, yang berjumlah 34 siswakelas V SDN Jeruk I Surabaya. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui hasil pengaruh pembelajaran modifikasi permainan bolavoli mini terhadap hasil belajar service bawahbolavoli pada siswa sekolah dasar, (2) untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran yang digunakan yaitu modifikasi permainan bolavoli mini yang diterapkan pada siswa Sekolah Dasar dalam bolavoli Service bawah. Hasil penelitian menunjukkan hipotesis alternatif yang diajukan dalam penelitian dinyatakan diterima karena thitung>ttabel atau thitung11,48 >ttabel1,697. Dengan kata lain bahwa pemberian pembelajaran menggunakan modifikasi permainan bolavoli mini ternyata berpengaruh terhadap hasil belajar servis bawah bolavoli. Pada pembelajaran bolavoli terjadi peningkatan sebesar19,19%.
Kata Kunci: Modifikasi permainan bolavoli mini, servis bawah bolavoli.
Abstract
Learning physical education in elementary school has a lot of methods or media in the way of delivering the material to the students. Examples Elementary School in Jeruk I Surabaya using learning strategies methods of demonstration. Learning strategies used by the teacher demonstration method, especially in the matter of physical education volleyball. When the teacher is always membelajarkan volleyball with continuous demonstration method, the students will become bored and can not evolve into another physical education lessons. it is the thought and the desire to seek learning model using a modified mini volleyball game volleyball for the delivery of content. The study used by the researchers is the experimental study, the quantitative approach. Samples from this study were students of class V, which amounts to 34 fifth grade students of SDN Jeruk I Surabaya. The purpose of this study was (1) to determine the effect of the learning outcomes modification mini volleyball game against the learning outcomes of service under volleyball in elementary school students, (2) to determine the effectiveness of the learning model used is a modified volleyball game mini applied to elementary school students in volleyball service down. Results showed that the alternative hypothesis put forward in the research have been accepted because of t> t table or 11.48 t count> t table 1.697. In other words, that the provision of learning using a modified mini volleyball game turns out to affect the learning outcomes of service under volleyball.In volleyball learning an increase of 19.19%.
Keywords: Modified mini volleyball game, serve under volleyball.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section

