PENERAPAN MULTIMEDIA BERBASIS KOMPUTER DAN LCD PROYEKTOR TERHADAP HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLAVOLI PADA ANAK TUNARUNGU (Studi Pada Siswa Kelas X SMALB Tunarungu Dharma Wanita Sidoarjo)

  • SINDI EKA SETIA PRANATA

Abstract

Abstrak

Semakin berkembangnya ilmu pengetahuan menuntut guru harus lebih berperan kreatif dan inovatif dalam melakukan pembelajaran terhadap siswa, khususnya pada seorang pengajar yang mengajar pada lembaga pendidikan seperti pada anak berkebutuhan khusus, dalam hal ini seorang guru harus berani membuat metode pembelajaran yang baru sehingga tujuan atau isi dari materi pembelajaran dapat tersampaikan secara benar dan tepat. Melihat dari masalah yang berada di SMALB Tunarungu Dharma Wanita Sidoarjo yaitu kesulitan yang dialami siswa ketika melakukan passing bawah bolavoli. Maka peneliti ingin menerapkan suatu alat bantu pengajaran yang berbentuk multimedia berbasis komputer dan LCD proyektor. Keberhasilan dalam pembelajaran passing bawah bolavoli dapat dilihat dari hasil belajar siswa melalui tes ketrampilan psikomotor yang diukur menggunakan Brumbach forearms pass wall volley test. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu (Quasi Experiment)  dengan menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Teknik sampel yang digunakan adalah purposive random sampling. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas X SMALB Tunarungu Dharma Wanita Sidoarjo yang berjumlah 7 siswa. Dari hasil analisis data penelitian dapat disimpulkan bahwa selama 2 kali perlakuan, dengan menggunakan tes ketrampilan psikomotor yang diukur menggunakan Brumbach forearms pass wall volley test pada saat pre-test dan post-test terdapat pengaruh penerapan multimedia berbasis komputer dan LCD proyektor tehadap hasil belajar passing bawah bolavoli sebesar 14,78 %, yang dibuktikan dengan hasil t hitung > t tabel (6,876 > 1,943) dengan signifikan 0,05.

Kata Kunci: multimedia, berbasis komputer dan LCD Proyektor, hasil belajar passing bawah bolavoli.

Abstract

The development of knowledge charges the teacher to be more creative and innovative in teaching learning process, especially teacher at inclusive institute. In this case, teacher who teaches special need students should make new teaching method so that the material and the goal of teaching can be delivered well. The researcher found problem that students at SMALB Tunarungu Dharma Wanita Sidoarjo get difficulty to practice forearms passing volleyball. From the problem above, the researcher wants to apply a teaching aid in the form of multimedia computer-based and LCD projector. The success of the students in studying forearms passing volleyball can be shown form students’ learning result through psychomotor skill test which measured with Brumbach forearms pass wall volley test. The researcher used quasi experimental method with descriptive quantitative as a research design. The researcher used purposive random sampling as a sample technique. The subject of the research was seven students at tenth grade SMALB Tunarungu Dharma Wanita Sidoarjo. From the result of the research can be concluded that from two meeting treatment using psychomotor skill test which measured using Brumbach forearms pass wall volley test in pre-test and post-tests. The multimedia computer-based and LCD projector gave big influence in the students’ learning result in studying forearms passing volleyball as 14,78 % as evidenced by the results of the t > t tabel (6,876 > 1,943) and the significance is  0,05.

Keywords: Multimedia computer-based and LCD projector, learning result, forearms passing volleyball

Published
2014-11-23
Abstract Views: 20
PDF Downloads: 140