SURVEI KETERLAKSANAAN KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN PENJASORKES DI SMP SASARAN KOTA MOJOKERTO

  • NELA PRANAWATI

Abstract

Abstrak

Dari hasil survei keterlaksanaan kurikulum 2013 pada mata pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (Penjasorkes) di SMP sasaran kota Mojokerto, telah dilaksanakan namun belum sepenuhnya berjalan dengan baik, karena masih dalam proses sosialisasi dan baru diterapkan, maka dalam pelaksanaannya dapat diyakini bahwa pasti ada kendala dan hambatan yang dialami, sehubungan dengan hal tersebut maka tujuan dalam penelitian ini ingin melihat sampai seberapa jauh keterlaksanaan kurikulum 2013 ini. Penelitian ini merupakan jenis penelitian survei, termasuk dalam kategori kualitatif. Penelitian yang mengambil sampel dari satu populasi dan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpul data yang  pokok. Penelitian survei mendasarkan diri pada logika deduktif, yaitu dimulai dengan menggunakan sebuah teori dasar dan diakhiri dengan analisis data hasil pengukuran. Hasil penelitian ini menunjukkan rata – rata 80 % sudah dilakukan Proses Belajar Mengajar sesuai dengan kurikulum 2013 dalam hal ini SMP sasaran di kota Mojokerto yakni SMPN 1, SMPN 2, SMPN 3, SMPN 4, dan SMPN 6 Mojokerto, yang didasarkan pada hasil penghitungan persentase dari beberapa instrumen berupa kuesioner yang diisi dan diperuntukkan (1) Instrumen untuk guru Penjasorkes, (2) Instrumen untuk siswa, (3) Instrumen untuk kepala sekolah, (4) Instrumen untuk komite sekolah, (5) Instrumen untuk pengawas. Proses Belajar Mengajar mata pelajaran Penjasorkes di SMP sasaran Kota Mojokerto sudah dilakukan sesuai kurikulum 2013, meskipun belum sepenuhnya dapat  berjalan dengan baik.

Kata kunci :Survei, Kurikulum 2013, Penjasorkes.

Abstract

From the results of the survey in 2013 on the feasibility of curriculum subjects of Physical Education and Health (Physical Education) in SMP target Mojokerto, have not been fully implemented yet go well, because it is still in the process of socialization and new applied, then the implementation can be believed that there must be constraints and barriers experienced, in connection with these two objectives in this study wanted to see to what extent this adherence to the curriculum in 2013. This study is a survey research, including qualitative category. Research that takes a sample of the population and the use of questionnaires as the main data collection tool. Survey research bases itself on deductive logic, beginning with the use of a basic theory and concludes with an analysis of the measured data. The results of this study show the average 80% Teaching and Learning has been conducted in accordance with the curriculum in this SMP 2013 targets in the SMPN Mojokerto 1 ,SMPN 2 ,SMPN 3 ,SMPN 4, and SMPN 6 Mojokerto, which is based on the results of the calculation of the percentage of of several instruments in the form of questionnaires filled out and reserved (1) Instruments for Physical Education teacher, (2) Instruments for students, (3) Instruments for the principal, (4) Instruments for school committees, (5) Instruments for supervisors. Teaching and Learning subjects in junior high Physical Education target Mojokerto has been done in accordance curriculum in 2013, although not yet fully able to run well.

Keywords: Survey, Curiculum 2013, Physical Education.

Published
2014-11-23
Abstract Views: 54
PDF Downloads: 162