PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA DAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA DAN KESEHATAN (Studi pada kelas XI di SMAN 3 Sidoarjo)

  • ANDRIANA JESSICASARI

Abstract

Abstrak

Pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan adalah suatu proses yang bertujuan untuk meningkatkan prestasi manusia melalui aktivitas fisik yang berkaitan dengan gerak, pembangunan, dan pemeliharan kesehatan yang optimal serta untuk memperoleh pengetahuan dan sikap-sikap positif terhadap suatu aktivitas. Melalui pendidikan jasmani, siswa dibentuk dengan memiliki landasan karakter yang kuat. Menumbuhkan kemampuan berpikir kritis, sikap sportif, jujur, bertanggungjawab, mampu bekerjasama, demokratis, dan hidup disiplin. Dengan hidup disiplin seseorang mampu bersikap tegas, dapat dipercaya, menjadi teladan bagi orang lain, serta dapat bertanggungjawab. Untuk mewujudkan itu semua, selain siswa itu sendiri, tetapi juga pola pengasuhan orang tua serta lingkungan sekolah harus terbina dengan baik. Jenis penelitian yang digunakan adalah non-eksperimen dengan pendekatan deskriptif kuantitatif, desain yang digunakan adalah korelasi (sebab-akibat). Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMAN 3 Sidoarjo. Pengambilan sampel dengan menggunakan cluster random sampling dengan jumlah sebanyak 79 siswa yang terdiri dari 40 siswa kelas XI IPA 1 dan 39 siswa kelas XI IPA 2. Instrumen penelitian menggunakan angket pola asuh orang tua, angket lingkungan sekolah dan angket kedisiplinan siswa dengan tujuan untuk memperoleh informasi dari responden. Hasil penghitungan statistik dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dari pola asuh orang tua terhadap kedisiplinan siswa dalam pembelajaran penjasorkes pada siswa kelas XI di SMAN 3 Sidoarjo dengan nilai signifikan 0,023 < 0,05 dan lingkungan sekolah ada pengaruh yang signifikan terhadap kedisiplinan siswa dalam pembelajaran penjasorkes pada siswa kelas XI di SMAN 3 Sidoarjo dengan nilai signifikan 0,0005 < 0,05 dengan koefisien determinasi 37,2%.

Kata Kunci: Pola asuh orang tua, lingkungan sekolah, kedisiplinan siswa.

Abstract

             Physical education, sport and health is process with the purpose to increase human achievement by physical activity and related to physical exercise, development and take care of optimal health to get knowledge and positive attitude toward an activity. By physical education, student was formed with based on a stronger character. Make the critical thinking grow, sportive, honesty, responsibility, cooperative, democratic, and discipline in life. By being disciplined, someone is able to behave firmly, to be trusted and become role model for other. The student is the one who is responsible to make it come true but there are also parenting style, school environment’s roles to make it successful.                 The type of this research is using phenomenological descriptive quantitative non-experiment, and the research design is correlation (because-consequence). The research population is all students in 3rd State Senior High School of Sidoarjo XI class. The sample choosing use cluster random sampling method on the amount of 79 students consist from 40 students XI science 1 class and 39 students XI science 2 class. The instrument of this research are parenting style questionnaire, school environment questionnaire, and student’s discipline questionnaire to purpose get information from respondent. The researcher took the conclution Based on the Statistic calculation result that parenting style has signification toward the student’s discipline on physical education, sport and health study program at 3rd State Senior High School of Sidoarjo XI class with signification value 0,023 < 0,05. And than the school environment has signification effect toward the student’s discipline on physical education, sport and health study program at 3rd State Senior High School of Sidoarjo XI class with signification value 0,0005 < 0,05 and determination coefficient 37,2%.

Keywords: parenting style, school environment, student’s discipline.

Published
2014-11-23
Abstract Views: 119
PDF Downloads: 531