PENGARUH METODE SIMULASI TERHADAP HASIL BELAJAR DRIBBLE SEPAKBOLA (Studi Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Trenggalek)

  • DIMAS WISNUNGKORO

Abstract

Abstrak

Pendidikan jasmani merupakan suatu proses seseorang sebagai individu ataupun anggota masyarakat yang dilakukan secara sadar dan sistematik, melalui berbagai kegiatan dalam rangka memperoleh kemampuan dan ketrampilan jasmani, pertumbuhan, kecerdasan, dan pembentukan watak atau karakter. Dalam pembelajaran pendidikan jasmani, berhasil tidaknya pembelajaran ditentukan oleh peran guru sebagai pendidik yang berarti meneruskan dan mengembangkan keterampilan gerak pada peserta didik, sehingga proses pembelajaran pendididkan jasmani dapat berjalan dengan baik.

Banyak metode pembelajaran yang digunakan agar dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menguasai gerak dasar dribble. Akan tetapi dalam kenyataan dan praktik di lapangan masih terdapat banyak siswa yang masih belum paham akan materi yang di sampaikan oleh guru. Untuk itu di perlukan sebuah metode pembelajaran lain yang di rancang dengan menitik beratkan pada pengalaman yang akan diperoleh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Trenggalek.

Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh metode simulasi mampu meningkatkan hasil belajar siswa. 2) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh metode simulasi terhadap hasil belajar dribble sepakbola kelas VIII SMP Negeri 3 Trenggalek ini, dengan jumlah sampel 31 siswa yang terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan.

Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan metode tutor sebaya terhadap hasil belajar dribble sepakbola yang dibuktikan dari nilai thitung 14,18 > ttabel 1,69 dengan taraf signifikan 0,05. Sedangkan besar pengaruhnya diketahui sebesar  24,08%.

Kata kunci: Metode simulasi, hasil belajar, dribble sepakbola 

Abstract

Physival education is a process of one as individual or society member who done consciously and systematically,through a variety of activities in order to aqcuire the physical ability and skills, dvelopment, intelligence, dan character building. In physical education, either the success or failure of learning is determined by the role of the teacher as an educator, which means to continue and develop student’s motor skills, so that the learning process of physical education can run well.

Many learning mehtods are used in order to enhance the student’s ability to master the basic football dribble motion. However, in fact and practically, there are many student who still do not understand the subject conveyed by the teacher. Therefore, the need of another learning method which designed by focusing on the experiences gained by the 8th grader in State Junior High School 3 Trenggalek.

The aim of the study are (1) to examine whether the influence of simulation method is able to increase student’s learning outcomes. (2) to examine how much influence of simulation method given toward football dribble learning outcomes of 8th grader in State Junior High School 3 Trenggalek, with sample of 31 students consisting 17 male students and 14 female students.

Based on the study that has been done, it is can be concluded that there is a significant influence of peer tutoring method on student’s learning outcomes as proven from 14.16 tvalue > ttable 1.68 with significance level of 0.05. while the greatest influence is found to be 24.08%.

Keywords: simulation method, learning outcomes, football dribble

Published
2014-11-23
Abstract Views: 44
PDF Downloads: 391