PENERAPAN MEDIA POSTER DAN MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI PASSING BAWAH BOLAVOLI (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Mojosari Kabupaten Mojokerto)

  • RISA MONINDA IRFIANDITA

Abstract

Abstrak

Media pembelajaran  merupakan suatu komponen yang mempunyai peranan penting dalam proses belajar mengajar. Media adalah suatu alat yang digunakan dalam proses belajar mengajar baik cetak (gambar, poster) maupun audiovisual untuk merangsang pikiran, perhatian, dan minat siswa dalam menerima informasi dengan baik. Dengan diterapkannya media siswa menjadi antusias dalam mengikuti proses belajar mengajar sehingga hasil belajarnya dapat meningkat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh dan seberapa besar pengaruh media poster dan media audiovisual terhadap hasil belajar keterampilan siswa pada materi passing bawah bolavoli. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan pendekatan kuantitatif, desain penelitian menggunakan randomized control group pretest-posttest desaign. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Mojosari yang berjumlah 256 siswa. Pengambilan sampel dengan menggunakan cluster random sampling yaitu pengamilan sampel secara acak dengan cara megundi masing-masing kelas pada kelompok populasi. Penelitian ini menggunakan rubrik penilaian yang terdapat dalam RPP yaitu keterampilan (psikomotor). Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Ada pengaruh penerapan media poster dan media audiovisual terhadap hasil belajar passing bawah bolavoli dibutikan dari thitung 7,05 > ttabel 2,042. 2) Besarnya pengaruh hasil belajar domain keterampilan terhadap materi passing bawah bolavoli dengan penerapan media poster dan media audiovisual berdasarkan analisis rata-rata adalah sebesar 30,80%.

Kata Kunci: Media Poster, Media Audiovisual, Hasil Belajar, dan Passing Bawah Bolavoli.             

Abstract

Learning media is an important component in teaching learning process. Media is an instrument that is used in teaching learning process not only printing (picture or poster) but also audiovisual to stimulate mind, attention and interest of students in receiving and delivering information well. By applying media, students become enthusiastic in following teaching learning process, so the study result can increase. This study was aimed to investigate the influence students and how much poster and audiovisual media influence students study result skill in under passing volleyball material. This study used experimental the research design was randomized control group pretest-posttest design and quantitative approach. The population was all of eight graders in SMPN 1 Mojosari which the total there were 256 students. The sample was taken by using cluster random sampling. It was taken randomly by drawing each class in population group. This study used assessment column which in lesson plan, it is skill (psikomotor). The result of  this study were: 1) There was effect in applying poster and audiovisual toward study result in under passing of volleyball which was proven from the value tcount 7,05 > ttable 2,042. 2) The effect of study result skill domain toward under passing of volleyball by applying poster an audiovisual media based on analysis is 30,80%.

Keywords: Poster Media, Audiovisual Media, Study Result, and Under Passing Volleyball

Published
2014-11-23
Abstract Views: 108
PDF Downloads: 296