PENERAPAN MEDIA AUDIO VISUAL (VIDEO) TERHADAP HASIL BELAJAR OVER HEAD LOB DALAM PEMBELAJARAN BULUTANGKIS (Studi pada siswa SMP Negeri 26 Surabaya)

  • ARIS EKO MEY RAHARJO

Abstract

Abstrak

Pendidikan jasmani sangat memiliki peranan penting dalam pembentukan karakter manusia. Pendidikan jasmani pada hakekatnya adalah proses pendidikan yang memanfaatkan aktifitas fisik. Adapun tujuan – tujuan pendidikan jasmani yaitu meningkatkan potens fisik, menanamkan sportifitas, membudayakan pola hidup sehat.Penyampaian materi pembelajaran pendidikan jasmani seringkali melalui berbagai macam cabang olahraga, tetapi tidak semua guru menguasai teknik dalam setiap cabang olahraga tersebut. Dalam sebuah pembelajaran ada dua hal yang sama pentingnya yaitu metode mengajar dan media pembelajaran. Dengan demikian Media dapat membantu guru dalam penyampaian materi. Untuk itu perlu diketahui pengaruh penerapan media audio visual (video) terhadap hasil belajar over head lob dalam pembelajran bulutangis dan seberapa besar pengaruh yang bisa di lihat dari selisih atau perbedaan pencapaian hasil belajar over head lob dalam pembelajaran bulutangkis. Penelitian ini merupakan penelitan eksperimen semu atau juga bisa berbentuk praeksperimen. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII G SMP Negeri 26 surabaya sebanyak 38 siswa yang dipilih dengan cara diundi menurut seluruh kelas VII SMP Negeri 26 Surabaya. Untuk mengetahui seberapa besar perbedaan atau peningkatanya sebelum dan sesudah diberikan pembelajaran dengan menerapkan media audio visual (video) diuji analisis dengan menggunakan rumus Uji T. Hasil penelitian menunjukan bahwa perbedaan atau peningkatan hasil belajar sebelum dan sesudah diberikan pembelajaran dengan menerapkan media audio visual (Video) sebesar 66,09%. Dari hasil uji hipotesis menunjukan adanya pengaruh atau perbedaan yang signifikan antara penerapan media audio visual terhadap hasil belajar over head lob.Dibuktikan dengan nilai t hitung > t table yaitu 20.262 > 2.031. Keaktifan guru dalam pemanfaatan media pembelajaran yang dapat menarik minat siswa dan mempermudah siswa menangkap informasi akan mempengaruhi hasil belajar siswa.

Kata Kunci: Media Audio Visual (video), Hasil Belajar Over Head Lob Bulutangkis

Abstract

Physical education have important role in human character building. Physical education esentially is a learning process that utilize physical activities. Physical education purposes are improve physical potential, incult sportivity, civilize health life style. On learning of physical education students are given learning through a wide variety of sports, but not all teachers mastering any sport well resulting in gaps in the delivery and acceptance of the material.  To the achievement of those purposes is not easy, in the effort to give physical education to achieve those purpose teacher must plan a learning as good as possible. In learning there are two things that have same important namely teaching method and learning media. Therefore, it need to found the effect of audio visual (video) media to inside lob over head learning result on badminton learning and how big is the effect that can be seen from the difference or quarrel of over head inside lob learning result on badminton learning.

This is a pseudo experiment research or can be pre experiment. Research sample are students of class VIIG of Junior High school 26 Surabaya that amounted of 38 students who choosen randomly by lottering according all seventh grade of Junior High School 26 Surabaya. To find out how big the difference or improvement after and before learning applied by using audio visual (video) media will testing analysis with t-test formula.

Research result show that difference and improvement of learning result before and after learning given by using audio visual (video) media as big as 66.09%. From hypothesis test result show there is a significant effect or difference between the application of audio visual media to over head lob learning result. It proved from tcount score > t table namely 20.262>2.031. teacher activity in learning media utilization that can attract student’s interest and facilitate student in capture information will affect student’s learning result.

Keywords : audio visual (video) media, badminton over head lob learning result.

Published
2014-11-23
Abstract Views: 16
PDF Downloads: 23