PENGARUH PERMAINAN LARI ESTAFET TERHADAP KERJASAMA SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA, DAN KESEHATAN (Studi pada Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 4 Kota Blitar)

  • MUTHO AHMAD DIEN

Abstract

Abstrak

Dalam pembelajaran penjasorkes materi ajar yang disampaikan sangat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa baik dari segi fisik maupun pendidikan karakter. Materi ajar harus sesuai dengan kondisi sarana dan prasarana yang tersedia di sekolah dan kemudahan siswa dalam menerima materi perlu diperhatikan. Salah satu cara untuk membuat materi lebih mudah diterima siswa adalah dengan menerapkan permainan dalam pembelajaran. Diharapkan dengan menerapkan permainan dalam pembelajaran penjasorkes mampu memaksimalkan pendidikan karakter pada siswa terutama kerjasama antar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan lari estafet terhadap kerjasama siswa dalam pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 4 Kota Blitar berjumlah 79 siswa, yang terdiri dari 40 siswa kelas XI IPS1 menjadi kelompok eksperimen dan 39 siswa kelas XI IPS3 menjadi kelompok kontrol dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Instrument penelitian ini menggunakan angket kerjasama dan analisis data menggunakan t test atau uji t (independent). Dari hasil perhitungan statistik dapat menyimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan permainan lari estafet terhadap kerjasama siswa dalam pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan terbukti dari nilai 14thitung">  2,197 > 14ttabel">  1,990 dengan taraf signifikan 0,05. Sedangkan besar pengaruhnya sebesar 6,02%.

Kata Kunci: Permainan Lari Estafet, Kerjasama Siswa, Pembelajaran Penjasorkes

Abstract

In Physical education learning teaching material which delivered is very influential on student learning outcomes in terms of both physical and character education. Teaching materials should be in accordance with the conditions of the facilities and infrastructure available in schools and ease students receive materials need to be considered. One way to make the material more easily accepted for the students is to implement game in learning. The game are expected to apply in Physical education are able to maximize learning character education to students, especially cooperation among students. This study aimed to determine the effect of a relay race game against the cooperation of student in learning physical education, sport and health. This research is experiment with descriptive quantitative approach. The samples in this study were students of SMA Negeri 4 Kota Blitar totaling 79 students, which consisted of 40 students of class XI IPS1 into the experimental group and 39 students of class XI IPS3 a control group using a random cluster sampling technique. The study instrument is using a questionnaire cooperation and data analysis using t test or independent t test. From the results of statistical calculations it can be concluded that there is a significant effect of a relay race game against the cooperation of students in learning physical education, sport and health as proven from the value of t count 2,197 > t table 1.990 with a significance level of 0.05. While the effect of 6.02%.

Keywords: Relay race game, Student Cooperation, Physical education.

Published
2014-11-23
Abstract Views: 33
PDF Downloads: 38