SURVEI KEMAMPUAN MOTORIK SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI TAHUN AJARAN 2013-2014

  • RINDAH NUR SJAFRINA

Abstract

Abstrak

Pendidikan jasmani merupakan bagian integral dalam dunia pendidikan yang dapat memberi kontribusi terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak secara menyeluruh. Perkembangan motorik juga merupakan salah satu faktor yang sangat penting dalam perkembangan individu secara keseluruhan. Perkembangan motorik berarti perkembangan pengendalian gerakan jasmaniah melalui kegiatan pusat syaraf, urat syaraf, dan otot yang terkoordinasi. Sebelum perkembangan tersebut terjadi, anak akan tetap tidak berdaya. Kemampuan motorik anak pada usia dini sangat mempengaruhi kemampuan dan perilaku anak hingga dewasa. Penelitian ini merupakan penelitian survei dan menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Subyek dalam penelitian ini sebanyak 161 siswa kelas V dan VI sekolah dasar negeri di sekolah dasar negeri se-kecamatan Trawas kabupaten Mojokerto yang terakreditasi B. Kemampuan motorik siswa dapat diketahui menggunakan tes kemampuan motorik yang terdiri dari 4 macam tes yaitu: tes kelincahan (shuttle run), koordinasi (lempar tangkap bola dengan jarak 1 meter dengan tembok), keseimbangan (berdiri dengan satu kaki dengan mata terpejam) dan kecepatan (lari 30 meter). Untuk menentukan kategori menggunakan norma, dan norma yang digunakan adalah norma relatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan motorik siswa kelas V putra rata-rata adalah 35,56% dengan kategori sedang, dan putri 43,33% dengan kategori sedang. Siswa kelas VI putra rata-rata 33,33% dengan kategori sedang dan putri rata-rata 41,46% dengan kategori sedang. Kesimpulan: kemampuan motorik siswa sekolah dasar negeri khususnya kelas V dan VI masuk dalam kategori sedang, sehingga harus ditingkatkan lagi.

Kata Kunci: kemampuan motorik, siswa, sekolah dasar

Abstract

Physical education is integral part in educational that give a contribution to growth and child expansion thoroughly. Motor development also one of the factor that very important in individual growth thoroughly. Motor development is growth control bodily moval pass through activity nerve centre and coordination muscle. Before growth occur, child will be constant over of barrel. Child motor ability in school age intense posses ability and child behaviour till of age.

This research is survey and used method descriptive quantitative. Subject in this research is 161 students class V and class VI at state elementary school Trawas subdistrict Mojokerto Regency that accreditation B. Students motor ability can knows used test motor ability consist of 4 test is: agility test (shuttle run), coordination test (throw catch ball to the wall with 1 meter space on the wall),  balance test (standing with one leg and closing eyes) and speed test (sprint 30 meter). For determine category used a norma, and norma that used is relative norma.

Result of the research tell us if students boy motor ability in V class have average value 35,56% with medium category, and students girl 43,33% with medium category. Students boy in VI class have average value 33,33% with medium category, and students girl 41,46% with medium category too.

Conclusion: students motor ability in elementary school specially class V and class VI into in medium category, so must enhancing again.

Keywords : motor ability, students, elementary school

Published
2014-11-23
Abstract Views: 79
PDF Downloads: 105