PENGARUH MENTAL IMAGERY TERHADAP HASIL BELAJAR BOLA BASKET TEKNIK DASAR LAY UP DALAM PEMBELAJARAN PENJASORKES (Studi Pada SiswaKelas XI SMA Negeri 1 Kedungwaru Kabupaten Tulungagung)

  • FUAD ARDHIANSYAH

Abstract

Abstrak

Pendidikan jasmani merupakan mata pelajaran yang wajib diajarkan di Sekolah Menengah Atas (SMA). Dalam kegiatan pembelajaran pendidikan jasmani, hal yang paling penting berkaitan dengan terjadinya proses belajar secara efektif  pada siswa adalah kemampuan guru menggabungkan berbagai kondisi belajar ke dalam kegiatan belajar, penggabungan kondisi belajar tersebut dalam bentuk suatu metode pengajaran. Dari hasil wawancara yang dilakukan peneliti beberapa guru pendidikan jasmani di kabupaten Tulungagung menyatakan siswa biasanya lambat untuk menguasai  pembelajaran teknik dasar Lay up bola basket sehingga Kriteria Kelulusan Minimal (KKM) sulit tercapai. Berdasarkan masalah tersebut timbul pemikiran dan keinginan untuk mencari alternatif model pengajaran lain untuk menyampaikan materi teknik dasar Lay up bola basket. Dalam hal ini diajukan alternatif dengan memberikan latihan  mental imagery pada siswa. Mental imagery  merupakan kemampuan seseorang untuk membangun suatu gambar gerak atau ketrampilan di dalam mental atau dalam pikiran. Peneliti ingin mengetahui pengaruh latihan mental imagery terhadap hasil Belajar siswa dalam penguasaan teknik dasarLay Up bola basket pada pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan. Penelitian ini merupakan penelitian Randomized Pre-Posttest, analisis data dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kedungwaru Tulungagung tahun ajaran 2013/2014 dengan jumlah 440 yang terbagi dalam 11 kelas. Pengambilan sampel dengan menggunakan Ordinal Pairing yaitu kelas XI IPS V yang dibagi menjadi 2 Kelompok, kelompok 1 sebagai kelompok eksperimen dengan jumlah 22 siswa, dan kelompok 2 sebagai kelompok kontrol dengan jumlah 22 siswa. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan latihan mental imagery berpengaruh signifikan terhadap kemampuan siswa dalam penguasaan teknik dasar dribble bola basket, hal ini dapat dilihat dari hasil rata-rata pretest 34,66 dan rata-rata posttest 44,32 selisih rata-rata  pretest dan rata-rata post-test 9,66 sehingga terdapat peningkatan kemampuan lay up sebesar 27,87% pada kelompok eksperimen. Dari hasil uji-t didapatkan nilai signifikansi 0.000 nilai ini lebih kecil dari alpha (α= 0,05) sehingga hepotesis dapat diterima sebab ada beda.

Kata Kunci: Mental Imagery,Hasil Belajar lay up bola basket.

Abstract

Physical education is a subject that must taught at senior high school. in the physical education learning, the most important that connected with the consist of learning process effectivity  are the ability of teacher to combine various learning situation into learning activity, combining of those learning condition in a form of learning method. From the interview result that done by researcher some physical education teacher in Tulungagung stated that the student usually slow to mastering the basic technique of basket ball lay up until the minimal passing criteria is difficult to reach. Based on those problem arise some idea and wishing to looking for another alternative learning model  to convey the basket ball lay up basic technique. In this matter the observe have alternative with giving the practice of mental  imagery to students. Mental imagery is an ability of people to build a motion image or a skill in the mental or mind. Researcher want to knowing the effect of mental  imagery to result study basket ball lay up basic technique in the physical education and health. This research is a randomized pre-posttest design, the data analysis with using normality test, homogeneity test  and T-test. Population in this research are the whole eleven grade student of  SMA Negeri 1 Kedungwaru Tulungagung lesson year 2013/2014 with amount of 440 that divided to eleven class. Sample intake with using ordinal pairing that is eleven class of IPS V and divided into 2 group, group 1 as experiment group with amount  of 22 student, and group 2 as a control group with amount 22 student. From this research can be conclude that the utilization of mental imagery practice have a significant effect to the study result of student in the basic technique of basket ball lay up, it can be seen from the average pretest result  34,66and post test average 44.32 and the difference of pretest average with posttest average are 9,66 that mean there is an improvement of the ability of dribble as big as 27.87%  in the experiment group. From the t test result get signification score is 0.000 this score is small than alpha (α= 0.05) with the result that the hypothesis can be accept because is contradiction.

Keywords: Mental Imagery, Result Study Basketball Lay Up.

Published
2014-11-23
Abstract Views: 41
PDF Downloads: 61