Penerapan Metode Tutor Teman Sebaya Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Passing Bawah Bolavoli (Pada Siswa Kelas X Administrasi Perkantoran 3 SMK Negeri 2 Blitar)

  • EKA RIANI TRI ASTUTI

Abstract

Abstrak

Proses belajar mengajar merupakan kegiatan melaksanakan kurikulum suatu lembaga pendidikan agar dapat mempengaruhi peserta didik untuk mencapai tujuan pendidikan yang telah ditetapkan. Tujuan pendidikan mengantarkan siswa pada perubahan-perubahan tingkah laku baik intelektual, moral maupun sosial agar dapat hidup mandiri sebagai makhluk individu maupun sosial. Dalam mencapai tujuan tersebut siswa berinteraksi dengan lingkungan belajar yang disusun oleh guru melalui proses pengajaran. Salah satu cara yang dapat gunakan adalah dengan penerapan metode tutor teman sebaya dengan tujuan siswa dapat menyalurkan informasi dan bersosialisasi dengan yang siswa lain sehingga terjadi peningkatan hasil belajar. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan pendekatan deskriptif kuantitatif, desain penelitian one group pre test - post test designe. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Negeri 2 Blitar yang berjumlah 14 kelas dengan total keseluruhan 511 siswa. Pengambilan sampel dengan menggunakan purposive sampling dengan jumlah sebanyak 38 siswa. Instrumen penelitian menggunakan tes kognitif sebanyak 20 soal, tes afektif dan tes psikomotor Brumbach forearms pass wall-volley test, yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar passing bawah bolavoli siswa kelas X Administrasi Perkantoran 3 SMK Negeri 2 Blitar. Hasil penghitungan statistik dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan tentang penerapan metode tutor teman sebaya terhadap peningkatan hasil belajar passing bawah bolavoli siswa kelas X Administrasi Perkantoran 3 SMK Negeri 2 Blitar dibuktikan dari  5,225 >   2,440 dengan taraf signifikasi 0,05 dan peningkatan sebesar 12, 231%.

Kata Kunci: Tutor teman sebaya, hasil belajar, passing bawah bolavoli. 

Abstract

Teaching and learning process is to implement curriculum activities of an educational institution in order to influence the learners to achieve the educational goals that have been set. Delivering educational goals of students on behavioral changes both intellectually, morally and socially in order to live independently as individuals and social beings. In achieving these objectives the student interacts with the learning environment prepared by the teacher through the teaching process. One way you can use is the application of peer tutoring methods with the goal that students can distribute information and socialize with the other students so as to increase learning outcomes. This type of research is a quasi-experiment with quantitative descriptive approach, the design of the study one group pre test – post test designe. The population in this study were all class X Office Administration 3 State Vocational Schools 2 On Blitar totaling 14 classes for total of 511 students. Sampling by using purposive sampling with a total of 38 students. The research instrument using cognitive tests as many as 20 questions, test affective and psychomotor tests pass Brumbach forearms wall-volley test, which aims to determine the improvement of learning outcomes under volleyball passing class X Office Administration 3 State Vocational Schools 2 On Blitar. The results of the counting statistics can be concluded that there is the effect of applying peer tutoring methods to the improvement of learning outcomes proven volleyball passing down of  tcount 5,225> ttable 2,440 with level of significant 0,05 and increase of 12, 231%.

Keywords: Peer tutors, learning outcomes, passing under volleyball.

Published
2014-11-23
Abstract Views: 19
PDF Downloads: 20