Penerapan Strategi Pembelajaran Modelling Terhadap Hasil Belajar Shooting Bola Basket

  • SANDRA AGUNG WIDIARTO

Abstract

Abstrak

Proses Belajar dan mengajar ialah sebuah kegiatan yang integral (utuh terpadu) yang terjadi antara siswa sebagai pelajar dengan guru sebagai pengajar. Dalam kesatuan kegiatan ini terjadi interaksi resiprokal yakni hubungan antara guru dengan para siswa dalam situasi instruktusional, yaitu suasana yang bersifat pengajaran. Sedangkan Pendidikan jasmani merupakan media untuk mendorong pertumbuhan fisik, perkembangan psikis, keterampilan motorik, pengetahuan dan penalaran. Melalui pendidikan jasmani, siswa diarahkan ke dalam aktivitas jasmani, termasuk keterampilan olahraga, salah satunya yaitu gerakan shooting dalam permainan bola basket. Untuk melakukan gerakan shooting dengan baik dan sempurna dibutuhkan suatu proses pembelajaran yang tepat sesuai dengan karakteristik siswa. Oleh karena itu, perlu adanya peningkatan dalam pembelajaran di sekolah. Salah satu cara pembelajaran yang dapat digunakan adalah dengan menerapkan strategi pembelajaran modelling. Berdasarkan latar belakang diatas, dapat dirumuskan: 1. Apakah strategi pembelajaran modelling dapat meningkatkan hasil belajar Shooting bola basket pada siswa-siswi kelas XI SMA Negeri 1 Pare Kediri. 2. Seberapa besar peningkatan strategi pembelajaran modelling terhadap hasil belajar Shooting bola basket pada siswa-siswi kelas XI SMA Negeri 1 Pare Kediri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar hasil belajar shooting bola basket pada siswa siswi kelas XI SMA Negeri 1 Pare. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah menggunakan jenis penelitian pre-experinental / penelitian semu. Sedangkan desain penelitian dari penelian ini adalah One Group Pretest-posttest desain. Dalam desain ini tidak ada kelompok kontrol, dan subjek tidak ditempatkan secara acak, kelebihan desain ini adalah dilakukannya pretest dan posttest sehingga dapat diketahui dengan pasti perbedaan hasil akibat perlakuan yang di berikan. Populasi yang digunakan peneliti adalah siswa – siswi kelas XI SMA Negeri 1 Pare Kediri yang berjumlah 30 siswa. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan strategi pembelajaran modelling. Pengaruh yang signifikan ini dapat dilihat berdasarkan hasil uji beda rata-rata antara data kemampuan shooting bola basket siswa sebelum dan sesudah penerapan strategi pembelajaran modelling, Dari nilai dk, diperoleh nilai t tabel sebesar 2,045. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa Ha ditolak karena nilai thitung (16,347) > nilai ttabel (2,045). Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran modelling meningkatkan hasil belajar Shooting bola basket dengan  rata-rata  peningkatan hasil belajar siswa sebesar 54,53%. 

Kata Kunci: strategi pembelajaran modelling,shooting bola basket

Abstract

The process of learning and teaching are activities which are integral between the students who are studying and teacher who is teaching. In the activities, happen a reciprocal interaction. A reciprocal interaction is a connection between a teacher and student in the instruction situation. How ever physical education is a media that can influence physical grown, motoric skill, knowledge and intellectual activity. From physical education the students are being instructed to do physical activities including physical skills. One of physical skills is shooting learning in playing basket ball. In playing basket ball to do shooting well, it needs an exact learning process that is appropriate with students characteristic. So that is needs much raising learning in the school. One of learning which can be used is applying learning strategy of modeling. According to this background, the researcher formulates the problem: 1. Can learning strategy of modeling develop the result of basket ball shooting to the student of class XI SMAN 1 Pare. 2. How big is the development percentage of modeling learning strategy to the result study of basket ball shooting of students class XI SMAN 1 Pare. The purpose of this research is to know how big the result study of basketball shooting to the students of class XI of SMAN 1 Pare. This research uses pre experimental. Otherwise, the design of this research is One Group Pretest-posttest. There is no control group in this research design and the subjects do not place randomly. The advantage of this research design is the subjects are doing Pretest and Posttest so that we can surely know the different result from the treatment which is given.(Makmum,2009:48). The population which is used by the researcher is thirty students from the students of class XI of SMAN 1 Pare. The result of this research is that there is significant effects can be showed in the paired sample t test that is contain of the basket ball shooting ability data of student before and after applying the strategy of modeling learning. From dk score, there is 2,045 score of ttable. So that Ha is rejected because 16,347 tcount score > 2,045 ttablescore. The conclude of this research is applying modeling learning strategy develop the result of study shooting basket ball with development average of student result study 54,53%.

Keywords: learning strategy of modeling, basket ball shooting

Published
2014-11-23
Abstract Views: 13
PDF Downloads: 202