HUBUNGAN ANTARA KEDISIPLINAN DENGAN HASIL BELAJAR SISWA SMA NEGERI 1 SAMPANG DALAM PEMBELAJARAN PENJASORKES

  • EKO ANDRY JULIANTO

Abstract

Abstrak

Pendidikan jasmani di sekolah merupakan salah satu bagian dari pendidikan keseluruhan, pendidikan jasmani membimbing  perkembangan manusia kearah yang positif dalam aspek kognitif (wawasan berpikir), psikomotorik (keterampilan), dan afektif (sikap). Dalam kaitan belajar, disiplin merupakan prasyarat utama untuk mencapai keberhasilan dalam belajar. Tanpa disiplin yang kuat maka kegiatan belajar hanya merupakan aktivitas yang kurang bernilai, tanpa mempunyai makna dan target apa-apa. Oleh karena itu, upaya-upaya untuk meningkatkan disiplin belajar adalah hal penting yang harus dilakukan dalam rangka mencapai keberhasilan belajar. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah: 1) Apakah terdapat hubungan antara kedisiplinan dengan hasil belajar siswa SMA Negeri 1 Sampang dalam pembelajaran Penjasorkes. 2) Jika ada, seberapa besar hubungan antara kedisiplinan dengan hasil belajar siswa SMA Negeri 1 Sampang dalam pembelajaran Penjasorkes. Sampel penelitian di ambil berdasarkan Stratified Random biasanya digunakan pada populasi yang mempunyai susunan bertingkat atau berlapis-lapis. Sampel Penelitian yaitu siswa kelas X, XI, dan XII sebanyak 93 siswa. Metode dalam analisa ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dan uji korelasi (r-product moment), sedangkan proses pengambilan data dilakukan dengan menggunakan angket kedisiplinan dan hasil belajar siswa.Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) Tidak ada hubungan. 2) Nilai rhitung (0,927) > rtabel (0,204).

Kata Kunci: Kedisiplinan, Hasil Belajar Siswa

Abstract

Physical education in school is a part of overall education, physical education lead human development to positive ways in cognitive aspect (concept of thinking), psychomotor (skills), and affective (attitude). In learning activity, discipline is the main requirement to achieve success in learning activity. Without the strong discipline, the learning activity is become invaluable learning activity, meaningless, and no achievement. That is why the effort for improve discipline of learning is the important thing that must to be done in achieving success of learning activity. The research questions in this research are : 1) is there any relationship between the discipline with students learning outcome in students of senior high school 1 Sampang in Penjasorkes learning activity. 2) if there, how far the relationship between the discipline with students learning outcome in students of senior high 1 Sampang in Penjasorkes learning activity. The sampling of this research is taken based on Stratified Random, usually it is used to a population which has stratified arrangement or has many stratified. The sampling of this research is 24 students of X,XI, and XII. The method that is used in this research is descriptive quantitative and correlation test (r-product moment), while the process of retrieval data is done by using discipline questionnaire and the students learning outcome.The result of this research can be concluded that: 1) Irrelationship. 2) the r score (0,927) > r table (0,204).

Keywords : discipline, students learning outcome

Published
2014-11-23
Abstract Views: 19
PDF Downloads: 29