UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH VOLI MELALUI METODE KOOPERATIF TIPE STAD PADA SISWA KELAS V-A SDN BANGAH GEDANGAN SIDOARJO

  • AGUNG BUDI HARTANTO

Abstract

Abstrak

Guru pendidikan jasmani dapat memilih dan menggunakan cara-cara pengajaran yang bertujuan untuk meningkatkan kwalitas pengajaran, sehingga proses belajar mengajar dapat berjalan efektif. Dalam  pembelajaran kooperatif pendekatan tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) merupakan salah satu tipe pembelajaran kooperatif yang paling sederhana sehingga dapat digunakan oleh guru yang menggunakan pendekatan kooperatif. Berdasarkan  uraian diatas, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah seberapa besar peningkatan hasil belajar siswa dengan penerapan metode Student Teams Achievement Divisions (STAD) apakah  ada peningkatan hasil belajar dalam pembelajaran  kooperatif dengan penerapan  model Student Teams Achievement Divisions (STAD) terhadap hasil belajar passing bawah pada voli dan seberapa besar peningkatanya. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui adakah peningkatan penerapan pada model kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) terhadap hasil belajar siswa dalam melakukan passing bawah pada voli. Sampel seluruh siswa berjumlah 32 siswa. Variabel penelitian, Variabel bebas metode Student Teams Achievement Divisions (STAD). Variabel terikat, hasil belajar passing bawah pada voli. Penelitian ini dibatasi oleh metode Student Teams Achievement Divisions (STAD). Hasil analisis data penelitian, temuan awal ranah psikomotor 50%  tuntas 16 siswa, ranah kognitif 53,12% tuntas 17 siswa, ranah afektif 43,75% tuntas 14 siswa. Pada siklus I ranah psikomotor 75% tuntas 24 siswa, ranah kognitif 75% tuntas 24 siswa, ranah afektif 78,12% tuntas 25 siswa. Dengan demikian model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) dalam melakukan passing bawah pada voli dapat meningkatkan hasil balajar siswa.

Kata kunci : pembelajaran kooperatif STAD passing Bawah, Voli, SD.

Abstract

Physical education teachers can choose and use teaching methods that purpose to improve the quality of teaching, so that the learning process effectively. In a cooperative learning approach to the type of Student Teams Achievement Divisions (STAD) is one type of cooperative learning the most simple that can be used by teachers who use cooperative approach. Based on the description above, the problem in this study is how can (STAD) can improve student skills learning outcomes with the application of the method Student Teams Achievement Divisions (STAD), is there any improvement in learning outcomes with the implementation of cooperative learning model Student Teams Achievement Divisions (STAD) on learning results a volley under hand passing through and how can it increases. The purpose is to find out is there an increase in the application of the cooperative model of type Student Teams Achievement Divisions (STAD) on student learning outcomes in performing a volley under hand passing. Sample that use in this research are 32 students. Research variables, independent variable is a method of Student Teams Achievement Divisions (STAD). Dependent variable, the results of the precepts on learning a volley under hand  passing. The limitationof the tudy is the method of Student Teams Achievement Divisions (STAD). The analysis, 16 students complete with 50% of psikomotor, the cognitive completed 17 students 53.12%, 43.75% completed the affective domain of 14 students. First step, psychomotor asectis completed by 24 students with 75%, 75% of cognitive aspect completed by 24 students, and the affective aspect complete by 25 students with 78,12%. The result of the studyes cooperative learning model of type Student Teams Achievement Divisions (STAD) in conducting a volley under hand passsing Study can improve students students' skills.

Keywords : STAD cooperative learning under hand passing, volley, Elementary School.

Published
2014-11-23
Abstract Views: 30
PDF Downloads: 175