PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR DRIBBLING DALAM PERMAINAN BOLA BASKET (Studi Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Kota Mojokerto)

Authors

  • NAIM BEY KHAQI ASMARA PUTRA

Abstract

Abstrak

Dribbling adalah membawa lari bola ke segala arah sesuai dengan peraturan yang ada. Seorang pemain diperbolehkan membawa bola lebih dari satu langkah asal di pantulkan ke lantai, baik dengan berjalan maupun berlari, dan dribbling harus dilakukan dengan satu tangan. Model pembelajaran digunakan agar dapat meningkatkan kemampuan gerak dasar dribbling pada siswa. Akan tetapi dalam kenyataaannya masih banyak siswa yang belum mampu menguasai gerak dasar dribbling dengan model yang sudah diterapkan oleh guru. Oleh karena itu diperlukan model pembelajaran lain salah satunya melalui model pembelajaran inkuiri agar mampu mengatasi kesulitan peserta didik khususnya pada siswa kelas XI SMA Negeri 2 Kota Mojokerto dalam mengusai gerak dasar dribblingbolabasket.

Tujuan dari penelitian ini adalah : 1.Untuk mengetahui pengaruh  modelpembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar dribbling dalam permainan bolabasket pada siswa kelas XI SMA Negeri 2 Kota Mojokerto. 2.Untuk mengetahui seberapa besar peningkatan pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar dribbling dalam permainan bola basket pada siswa kelas XI SMA Negeri 2 Kota Mojokerto. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar dribbling dalam permainan bolabasketyaitu sebesar 20,17 %.

Kata kunci : Gerak dasar dribbling dalam permainan bolabasket, model pembelajaran inkuiri

Abstract

Dribbling the ball is carried off in all directions in accordance with existing regulation. A player is allowed to carry the ball more than one step unless it bounces to the floor, either by walking or running, and dribbling should be done with one hand. The learning model is used in order to improve the basic dribbling ability on student movement. However, many students still have not been able to do dribbling motion with a model which has been applied. Therefore, we need another model of learning through inquiry learning model that is able to overcome the difficulties, especially in XI grader, student of SMAN 2 Mojokerto in mastering basic movement of basketball dribbling. Purpose of the study are: (1) To examine the influence of inquiry learning model towards basketball dribbling learning outcomes in Xi grader SMAN 2 Mojokerto. (2) To examine how much improvement of learning  inquiry model towards basketball dribbing learning outcomes in XI grader SMAN 2 Mojokerto. Based on the study, it can be concluded that learning using inquiry learning model has significant impact on learning outcomes in the basketball dribbling which is equal to 20.17%.

Keywords: Basketball dribbling basic motion, inquiry learning model.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2014-11-23
Abstract views: 34 , PDF Downloads: 44