HUBUNGAN KOMPETENSI PEDAGOGIK DENGAN PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA, DAN KESEHATAN (Studi pada Guru Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan  di SD dan MI Se-Kecamatan Jatiroto Kabupaten Lumajang)

  • DWI HARINI

Abstract

Abstrak

Pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan merupakan sebuah pendidikan yang di dalamnya termuat aspek-aspek yang menyangkut tumbuh kembang anak secara menyeluruh yang meliputi fisik, mental, emosional, dan logika. Aspek-aspek tersebut dapat terwujud dengan baik apabila para guru atau pendidik menguasai empat kompetensi yang telah tersusun dalam PP RI No. 10/2005. Kompetensi yang akan menjadi pokok bahasan penelitian adalah kompetensi pedagogik yang dimiliki oleh guru pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan. Hal ini dikarenakan, kompetensi pedagogik adalah kompetensi yang berkaitan langsung dengan proses pembelajaran pendidikan, jasmani, olahraga, dan kesehatan itu sendiri dari awal hingga akhir pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah; (1) untuk mengetahui kompetensi pedagogik guru pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan di SD dan MI se-kecamatan Jatiroto kabupaten Lumajang; (2) untuk mengetahui kondisi dari berlangsungnya proses pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan di SD dan MI se-kecamatan Jatiroto kabupaten Lumajang, dan (3) mengkaji hubungan antara kompetensi pedagogik guru pendidikan jasmani, olahraga dan kesehtan dengan proses pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif, dengan menggunakan angket, kuesioner, observasi, dan data dokumen. Untuk mengetahui bagaimana kompetensi pedagogik guru pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan di SD dan MI se-kecamatan Jatiroto kabupaten Lumajang dapat diukur dengan menggunakan: (1) angket kompetensi pedagogik guru; (2) angket pendapat siswa (FCE), dan (3) lembar observasi kelas dikjasor. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Penelitian ini menggunakan penelitian populasi, yaitu dengan mengikut sertakan semua guru pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan yang berjumlah 30 guru (SD dan MI). Dari hasil penelitian diperoleh : (1) Kompetensi pedagogik yang dimiliki oleh guru pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan di kecamatan jatiroto masuk dalam kategori baik, dengan nilai tertinggi 90, nilai terendah 56, rata-rata sebesar 71,20, dan nillai proporsi sebesar 77% ; (2) efektifitas pembelajaran berdasarkan lembar FCE masuk dalam kategori baik, dengan nilai tertinggi sebesar 3,00, nilai terendah 2,47, dan rata-rata sebesar 2,86; (3) efektifitas pembelajaran berdasarkan lembar observasi kelas dikjasor masuk dalam kategori baik; (4) distribusi data berdasarkan penghitungan SPSS 20,0 menunjukkan data berdistribusi normal, dan (5). Hubungan antara kompetensi pedagogi dengan proses pembelajaran berdasarkan penghitungan SPSS 20,0 dan beberapa teori metodologi penelitian, terdapat hubungan. Hasil penghitungan menunjukkan r hitung sebesar 0,143 < dari r tabel sebesar 0,361 akan tetapi FCE dan lembar observasi kelas DIKJASOR menunjukkan hasil yang berbeda.

Kata Kunci : kompetensi pedagogik, proses pembelajaran, pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan.

Abstract

Physical education is an education which is contained the aspects related to the development of the children includes physical, mental, emotional, and logic. These aspects can be realized well if the teachers or educators master four competencies that have been arranged in GR No. 10/2005. The subject of this research is pedagogic competence of physical education teachers. This subject is selected because pedagogical competence is directly related to the learning process of physical education from the beginning to the end of the lesson. The purposes of this study are; (1) to determine the pedagogical competence of physical education teachers in elementary schools (SD & MI) in Jatiroto, Lumajang; (2) to determine the condition of physical education’s learning process in elementary school (SD & MI) in Jatiroto, Lumajang, and (3) examine the relationship between pedagogical competence of physical education teachers and the learning process. The method of this research is descriptive quantitative by using questionnaire, observation sheets, and document. The pedagogical competence of physical education teachers in elementary school (SD&MI) in Jatiroto, Lumajang can be measured by using: (1) questionnaire of teachers’ pedagogical competence; (2) student opinions’ questionnaire (FCE), and (3) observation sheet of physical education classroom. This research used population study by including all of the physical education teachers in 30 elementary schools. The obtained results were: (1) pedagogical competencies of physical education teachers in Jatiroto belong to good category, with the highest score of 90, the lowest score of 56, the average of 71.20, and the proportion score is 77 %; (2) the effectiveness of learning process based on FCE belong to good category, with the highest score of 3.00, the lowest score of 2.47, and the average of 2.86; (3) the effectiveness of learning process based on physical education classroom observation sheet is in good category; (4) the distribution of the data based on SPSS 20.0 calculation showed that the data is in the normal distribution, and (5). Based on SPSS 20,0 calculation and some theory, there is relation between pedagogical competence and the learning process. Altaough The calculation showed r count of 0.143 < from r table of 0,361 but the FCE and physical education classroom observation sheet showed the contrary.

Keyword : pedagogic competence, learning process, physical education.

Published
2014-11-23
Abstract Views: 63
PDF Downloads: 179