PENGARUH MEDIA SHUTTLECOCK GANTUNG TERHADAP HASIL BELAJAR LOB BULUTANGKIS (Studi Pada Kelas X SMA Negeri 14 Surabaya)

  • ARDYAN TAUFAN

Abstract

Abstrak

Pendidikan jasmani merupakan bagian penting bagi perkembangan peserta didik untuk mencapai tujuan pendidikan secara menyeluruh, oleh karena itu pendidikan jasmani yang diselenggarakan di sekolah mempunyai cakupan luas. Pendidikan jasmani bukan hanya merupakan sarana penunjang tujuan pendidikan, melainkan juga mewujudkan tujuan pembangunan bangsa melalui prestasi siswa dalam bidang olahraga. Pendidikan jasmani di sekolah termuat dalam mata pelajaran Penjasorkes yang berisi materi cabang olahraga. Melalui cabang olahraga ini siswa akan menyukai olahraga dan menekuni cabang olahraga. Cabang olahraga yang popular adalah bulutangkis. Khusus di SMA Negeri 14 Surabaya cabang olahraga ini banyak diminati oleh siswa. Dalam bulutangkis teknik lob memiliki keunggulan untuk menyerang dan bertahan untuk itu teknik ini penting untuk dipelajari oleh siswa. Dalam membelajarkan teknik lob bulutangkis memerlukan media pembelajaran agar siswa mampu belajar dengan mudah dan media shuttlecock gantung diharapakan mampu memberikan simulasi keadaan sebenarnya kepada siswa untuk mempelajari teknik lob. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 22 oktober – 28 november 2013 di SMA Negeri 14 Surabaya dengan fokus penelitian untuk menjawab pertanyaan penelitian sebagai berikut: (1) Adakah pengaruh penggunaan media shuttlecock gantung pada pembelajaran lob bulutangkis pada siswa kelas X SMA Negeri 14 Surabaya?; (2) Seberapa besar pengaruh penggunaan media shuttlecock gantung pada hasil belajar lob bulutangkis pada siswa kelas X SMA Negeri 14 Surabaya?. Untuk itu, jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen murni dengan desain randomized control group pretest posttest. Siswa yang berpartisipasi adalah siswa kelas XP-7 sebagai kelompok eksperimen (43 siswa), sedangkan kelompok kontrol adalah kelas XP-3 (41 siswa). Penilaian dilakukan pada domain kognitif, afektif, dan psikomotor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media shuttlecock gantung pada pembelajaran lob bulutangkis terhadap hasil belajar penjasorkes materi lob bulutangkis pada siswa kelas X SMA Negeri 14 Surabaya. Dibuktikan oleh hasil uji beda rata-rata antara hasil belajar siswa kelompok eksperimen dengan kontrol menggunakan rumus t-independent dihasilkan t-hitung sebesar 4,8376 dengan p-value sebesar 0,000 lebih kecil dibanding nilai alfa sebesar 0,05. Besar pengaruh penggunaan media shuttlecock gantung pada pembelajaran lob bulutangkis terhadap hasil belajar penjasorkes materi lob bulutangkis adalah 32,07%. Rekomendasi: media shuttlecock gantung digunakan guru penjasorkes dapat memberikan pengalaman belajar kepada siswa untuk meningkatkan hasil belajar teknik lob bulutangkis siswa.

Kata Kunci : media shuttlecock gantung dan hasil belajar lob bulutangkis             

Abstract

The physical education is an important part for the development of the student to reach the aim of education completely, therefore the physical education that is practiced in the school has a large range. Physical education is not only the infrastructure to support the aim of education, but also to create the aim of nation’s development through the achievement of students in sport sector. The physical education in the school is loaded in physical, sport and health education that contains of the chapter of sport material. Through the chapter of the sport, the student will like the sport and occupy it. The popular chapter of education is badminton. In state upper secondary school 14 Surabaya, this game is liked most by the student. In badminton, the lob skill has the special quality in striking and defending so it is important to be learned by the students. In teaching lob skill in badminton needs learning media in order the students can learn it easily and shuttlecock media is hoped to be able to give a real simulation toward the student to learn of lob skill. The research is done on 22nd of October-28th of November 2014 in state upper secondary school 14 Surabaya by focusing on the research to answer the purpose of the study as follow: (1) is there the influence of using the shuttlecock media to the lob skill learning to senior high school students of X class in state upper secondary school 14 Surabaya?; (2) How big is the influence of influence of using the shuttlecock media to the result of lob skill learning to senior high school students of X class in state upper secondary school 14 Surabaya?. Therefore the kind of the research used is original experiment with randomized group pretest posttest, the participating students are XP-7 class as experimenting group (43 students), and controlling group is XP-3 class (41 students). The valuation is done to cognitive, effective and psychomotor domain. The result of research shows that there is the influence of using the shuttlecock media to the lob skill learning to the result of learning physical, sport and health education in badminton lob material to senior high school student of X class in state upper secondary school 14 Surabaya. It is proved by the result of test between the learning result of experiment group of student by using t-independent formula, it is resulted t-count as big as 4,8376 with p-values as big as 0,000 fewer that alpha value as big as 0,05. The large of influence by using shuttlecock media to lob learning in badminton to the learning result of physical, sport and health education in lob of badminton material is 32,07%. Recommendation: shuttlecock media that is used by the teacher of physical, sport and health education is hoped can give learning experience to the students to improve the result of badminton’s lob skill to the students.

Keywords : shuttlecock media and the result of badminton’s lob learning

Published
2014-11-23
Abstract Views: 26
PDF Downloads: 28