PENERAPAN MODIFIKASI BOLA PLASTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLAVOLI (Studi pada Siswa Kelas X SMK PGRI 1 Jombang)

  • ANDIKA CAHY RAMAD W

Abstract

Abstrak

Pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan merupakan satu-satunya pembelajaran yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas gerak peserta didik, disamping memberikan ilmu pengetahuan dan pengembangan kepribadian peserta didik. Pembelajaran penjasorkes merupakan pembelajaran yang sangat komples karena mempunyai 3 aspek kompetensi yang harus dicapai yaitu: aspek kompetensi psikomotor, aspek kompetensi koknitif dan aspek kompetensi afektif. Begitu banyaknya kompetensi yang harus dicapai, terkadang guru tidak mampu mengarahkan peserta didiknya untuk mencapai kompetensi tersebut, guru juga sering memberikan pembelajaran dengan menggunakan metode atau model pembelajaran yang tidak sesuai. Guru mempunyai peran dan tugas yang tidak mudah untuk dilaksanakan, diantaranya guru harus berperan sebagai inisiator, fasilitator, motivator, informator dan lain-lain. Dalam perannya sebagai inisiator, guru harus dapat menjadi pencetus ide-ide kemajuan dalam pendidikan dan pengajaran. Guru diharapkan mampu menemukan ide-ide kreatifnya untuk merancang, menetukan, dan melaksanakan pembelajaran sebaik mungkin sesuai dengan karakter peserta didik dan tujuan yang ingin dicapai. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui apakah ada peningkatan kemampuan passing bawah bolavoli pada siswa kelas X di SMK PGRI 1 Jombang tahun pelajaran 2013/2014 melalui modifikasi  dengan menggunakan bola plastik. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas X SMK PGRI I Jombang dengan jumlah sampel sebanyak 41 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan pengambilan data secara kuantitatif, yaitu penelitian yang dilakukan untuk mengetahui modifikasi bola plastik untuk meningkatkan hasil belajar passing bawah bolavoli. Hasil penelitian penerapan modifikasi bola plastik ternyata dapat meningkatkan rata-rata kemampuan passing bawah siswa X SMK PGRI I Jombang sebesar 48,24%. Hasil uji t (dependent sample t test) menyatakan bahwa nilai thitung 9,257 > nilai ttabel 2,021, artinya peranan modifikasi bola plastik berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar passing bawah bolavoli siswa kelas X SMK PGRI I Jombang.

Kata Kunci: Modifikasi, Bola Plastik, Hasil Belajar, Passing Bawah, Bolavoli.

Abstract

Learning physical education, sport, and health is the only study that aims to improve learners motion activity, in addition to providing knowledge and personality development of the students. Learning olaraga health and physical education recreation complexes are learning so as to have 3 aspects of competency to be achieved, namely: competence psychomotor aspects, aspects koknitif competence and affective aspects of competence. So many competencies that must be achieved, sometimes teachers are not able to direct learners to achieve these outcomes, teachers also often provide learning using learning methods or models that do not fit . Teachers have a role and a task that is not easy to be implemented, including the teacher should act as an initiator, facilitator, motivator, Informator and others. In his role as an initiator, a teacher must be able to be the originator of the ideas of progress in education and teaching. Teachers are expected to find creative ideas to design, determine, and implement learning as possible in accordance with the character of the students and the objectives to be achieved. The aim in this study to determine whether there is an increase in the ability of passing down volleyball in Grade Vocational High School X PGRI I Jombang academic year 2013/2014 through the modification of using plastic balls. The target of this research is a Grade Vocational High School X PGRI I Jombang with a total sample of 41 students. This research is an experimental study with quantitative data collection, the research conducted to determine the modification of plastic balls to improve learning outcomes passing under volleyball. Modification of the application of research results turned out to be a plastic ball can improve the average ability of students passing under Vocational High School X PGRI I Jombang by 48.24%. The results of t-test (dependent samples t test) states that the value of thitung 9,257 > value ttabel 2,021, means the role of modification plastic ball and a significant positive effect on learning outcomes of students passing under volleyball Vocational High School PGRI I Jombang.

Keywords: Modification, Plastic Ball, Learning Outcomes, Passing Down, Volleyball

Published
2014-11-23
Abstract Views: 16
PDF Downloads: 226