PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG DAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TERHADAP HASIL BELAJAR BOUNCE PASS PADA PERMAINAN BOLA BASKET (Studi Pada Siswa SMPN 1 Kesamben  Kab. Jombang Kelas VIII)

  • DEDIK TRI SETYONO

Abstract

Abstrak

Pembelajaran langsung adalah salah satu pendekatan pembelajaran yang dirancang khusus untuk menunjang proses belajar siswa yang berkaitan dengan pengetahuan deklaratif dan pengetahuan prosedural yang terstruktur dengan baik yang dapat diajarkan dengan pola kegiatan yang bertahap. Pembelajaran kooperatif mengalakkan siswa berinteraktif secara aktif dan positif dalam kelompok. Ini membolehkan pertukaran ide dan pemeriksaan ide sendiri dalam suasana tidak terancam, dengan demikian pendidik hendaknya mampu mengkondisikan dan memberikan dorongan untuk dapat mengoptimalkan dan membangkitkan potensi siswa. Jenis penelitaan yang digunakan adalah penelitian dengan pendekatan kuantitatif yang menekankan analisisnya pada data-data numerical (angka). Desain peneliitian yang digunakan adalah One Group pretest-posttest design. Dalam desain ini tidak ada kelompok kontrol, dan subyek tidak ditempatkan secara acak. Dari hasil penelitian yang sudah didapatkan, pembahasan disini membahas penguraian hasil penelitian tentang pemberian perlakuan tentang model pembelajaran langsung dan model pembelajaran kooperatif. Berdasarkan hasil olah data dari hasil penelitian dijelaskan bahwa kedua model pembelajaran yang diterapkan memberikan dampak terhadap peserta didik namun pembelajaran kooperatif memberikan dampak yang lebih baik yaitu sebesar 39,90 % disbanding dengan model pembelajaran langsung yang memberikan pengaruh sebesar 33,73 % terhadap hasil belajar bounce pass permainan bola basket pada siswa kelas VIII SMP N 1 Kesamben.

Kata Kunci: bounce pass, model pembelajaran langsung, model pembelajaran kooperatif, hasil belajar

Abstract

Direct learning is one approach that has been designed specifically to support students' learning processes related to declarative knowledge and procedural knowledge are structured to teach the pattern of activity gradually. Cooperative learning students interact actively and positively in the group. It allows the exchange of ideas and examination of his own ideas in the atmosphere is not threatened, so educators should be able to condition and give a boost to be able to optimize and generate potential students. Researcher type used is quantitative research approach that emphasizes the analysis of numerical of data. Researcher design used was one group pretest-posttest design. In this design there is no control group, and the subjects are not placed at random. From the research that has been established, the discussion here discuss the decomposition results of the study on the implementation of this model of direct instruction and cooperative learning model. Based on the results if the data from the study explained that the two models applied learning impact on learners but cooperative learning provide a better impact in the amount of 39.90% compared with the direct learning model which gives the effect of 33.73% against the learning outcomes bounce pass a basketball game in the eighth grade in junior high school students N Kesamben.

Keywords: bounce pass motion, direct instructional model, a model of cooperative learning, learning outcomes

Published
2014-11-23
Abstract Views: 33
PDF Downloads: 97