PERBANDINGAN TINGKAT KEBUGARAN JASMANI ANTARA SISWA YANG MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER FUTSAL DENGAN EKSTRAKURIKULER BOLA BASKET DI SMP NEGERI 2 CERME GRESIK

  • FENTA AQUARISTA

Abstract

Abstrak

Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Cerme terdapat ekstrakurikuler diantaranya ekstrakurikuler futsal dan bolabasket. Ekstrakurikuler futsal dan bolabasket memiliki banyak persamaan diantaranya dalam peraturan permainan, teknik, serta taktik, juga memiliki kesamaan dalam segi permainan terdiri dari dua team yang sama-sama saling menyerang dan mencetak point, program latihannya juga relatif sama. Dari persamaan permainan dan peraturan main olahraga futsal dan bolabasket maka perlu kiranya untuk mengetahui tingkat kebugaran jasmani siswa yang mengikuti ekstrakurikuler futsal dan ekstrakurikuler bolabasket. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan tingkat kebugaran jasmani antara siswa yang mengikuti ekstrakurikuler futsal dengan ekstrakurikuler bolabasket di SMP Negeri 2 Cerme Gresik dan untuk mengetahui mana yang lebih baik tingkat kebugaran jasmani antara siswa yang mengikuti ekstrakurikuler futsal dengan ekstrakurikuler bolabasket di SMP Negeri 2 Cerme Gresik. Metode yang digunakan untuk penelitian kebugaran jasmani ini adalah dengan desain komparatif. Instrumen yang digunakan adalah TKJI. Berdasarkan hasil analisis data penelitian kebugaran ekstrakurikuler futsal dengan jumlah siswa 20, nilai rata-rata (M) yaitu 17,75 dan nilai minimum 15 dan maximum 19. Sedangkan untuk ekstrakurikuler bolabasket dengan jumlah siswa 20, nilai rata-rata (M) nilai yaitu 16,7 dan nilai minimum 10 dan maximum 22. Dari hasil uji t menunjukkan bahwa nilai signifikan (0,133) lebih besar dari nilai alpha (5%) atau 0,05. Sehingga dengan demikian Ha diterima dan Ho ditolak. Jadi tidak terdapat perbedaan yang signifikan tingkat kebugaran jasmani antara siswa ekstrakurikuler futsal dengan ekstrakurikuler bolabasket. Hal ini menunjukkan bahwa siswa ekstrakurikuler futsal memiliki tingkat kebugaran jasmani yang relatif sama dengan siswa ekstrakurikuler bolabasket dengan kategori sedang.

Kata Kunci : Kebugaran Jasmani, Ekstrakurikuler.

Abstract

The first secondary school in the country there are two extracurricular extracurricular Cerme futsal and was. Extracurricular futsal and was has a lot of similarities between the game rules, techniques, and tactics, also have similarities in terms of the game consists of two teams who are both each other and scored a point, training programs are also relatively common. From the equation of game and rules of play futsal sport and it was then necessary to know the student's physical fitness level which followed and was playing futsal extracurricular. For research is to know the difference between physical fitness levels of students who follow the futsal with extracurricular activities extracurricular activities was in junior high Country 2 Cerme Gresik and to find out which is better physical fitness levels among students who attended extracurricular futsal with extracurricular activities was in junior high Country 2 Cerme Gresik. The methods used for physical fitness research is comparative. Research with instrument TKJI. Based on the result analysis of data research fitness extracurricular futsal with 20, the number of students its average value (M), namely 17,75 and value of minimum 15 and maximum 19. Meanwhile, the basketball extracurricular students, with 20 average value of (M), the value of which is 16.7 10 and maximum and minimum value of 22. The result of the test t show that the value of significant ( 0,133 ) is smaller than the value of alpha ( 5 % ) or 0.05. In order that ha accepted and ho rejected. So there was no significant difference between the level of physical fitness among students was playing futsal with extracurricular activities. This shows that students extracurricular futsal has the same physical fitness level with students with moderate categori was extracurricular.

Keywords             : Physical Fitness, Extracurricular.

Published
2014-11-23
Abstract Views: 29
PDF Downloads: 66