PENGARUH PEMBERIAN PERMAINAN KECIL DALAM PEMANASAN TERHADAP MINAT SISWA DALAMĀ  PEMBELAJARAN BOLABASKET (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Babadan, Ponorogo)

  • FIKI FINALOSA

Abstract

Abstrak

Belajar dan mengajar merupakan dua konsep yang tidak dapat dipisahkan satu sama lain. Belajar merujuk pada apa yang harus dilakukan seseorang sebagai subyek yang menerima pelajaran, sedangkan mengajar merujuk pada apa yang harus dilakukan guru sebagai pengajar. Pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan adalah mata pelajaran yang dilakukan melalui aktivitas jasmani yang bertujuan untuk mengembangkan aspek kesehatan, kebugaran jasmani, keterampilan berfikir kritis, stabilitas emosional, ketrampilan sosial, penalaran dan tindakan moral melalui kegiatan aktivitas jasmani lainnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dan besarnya pemberian permainan kecil dalam pemanasan terhadap minat siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Babadan Ponorogo. Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Babadan Ponorogo sebanyak 20 siswa. Istrument penelitian ini berupa angket dengan pengambilan data dengan cara pre-test dan post-test. Hasil penelitian yang didapat adalah terdapat pengaruh pemberian permainan kecil dalam pemanasan terhadap minat siswa dalam pembelajaran bolabasket siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Babadan Ponorogo. Hal ini ditunjukkan dari perhitungan uji-t bahwa nilai thitung (2,246) > ttabel (2,021) dengan menggunakan taraf signifikan 5% dan besar pengaruh pemberian permainan kecil dalam pemanasan terhadap minat siswa dalam pembelajaran bolabasket siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Babadan Ponorogo yaitu sebesar 5,12%.

Kata Kunci: Permainan Kecil, Pemanasan, Minat, Bolabasket.

Abstract

Learning and teaching are two concepts that can not be separated from one another. Learning refers to what one must do as the subjects who received the lesson, while teaching refers to teachers what to do as a teacher. Physical education and health is exercise subjects performed through physical activities that aim to develop aspects of warming up, physical fitness, critical thinking skills, emotional stability, social skills, reasoning and moral action through other physical activity. The purpose of this study was to determine the effect and magnitude of warming giving traditional game in the eighth grade junior high school students' interest in the country 2 Babadan Ponorogo. This type of research is experimental. The samples in this study were junior high school students of class VIII 2 Babadan Ponorogo as many as 20 students. Istrument this study a questionnaire to collect data by means of pre-test and post-test. Obtained research results are contained in the effect of warming up a small game against the student's interest in learning basketball eighth-grade students of Junior High School 2 Babadan Ponorogo. It is shown from the calculation of the t-test that the value of t (2.246) > t table (2.021) using a significance level of 5% and greater the effect of small game in the warming up of the students' interest in learning basketball eighth grade junior high school students 2 Babadan Ponorogo namely amounted to 5.12%.

Keywords: Traditional Game, Warming up, Interests, Basketball

Published
2014-11-23
Abstract Views: 37
PDF Downloads: 291