PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MATERI PEMBELAJARAN DRIBBLE PADA PERMAINAN BOLA BASKET MELALUI PENDEKATAN BERMAIN (Riset Aksi di Kelas VIII-A SMP YIMI Gresik Tahun Ajaran 2013/2014)

  • MUCHSIN

Abstract

Abstrak

Dalam kegiatan pembelajaran Penjas sering kali muncul beberapa kendala serta hambatan. Untuk itu perlu adanya pendekatan, variasi maupun modifikasi dalam pengajaran yang nanti berdampak pada prestasi belajar siswa. Mengingat penting kemampuan siswa dalam bidang studi Penjas sebagai tolak ukur keberhasilan belajar, maka dirasa sangat penting segera menuntaskan kendala dan hambatan yang ada. Berbagai permasalahan yang menyebabkan rendahnya tingkat keterampilan dan penguasaan siswa adalah rendahnya motivasi siswa dalam menyerap materi dan model strategi pembelajaran yang kurang diminati siswa. Untuk itu perlu ada pendekatan, variasi maupun modifikasi dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran secara menyeluruh kegiatan peningkatan kemampuan siswa dalam materi pembelajaran dribble pada permainan bolabasket dalam studi Penjas di kelas VIII A SMP YIMI GresikĀ  melalui pendekatan bermain. Penelitian ini termasuk riset aksi atau PTK. Penelitian ini dibagi dalam dua siklus dan terdiri dari dua kali pertemuan. Tiap-tiap siklus pada PTK memiliki empat tahap, yaitu Planning (rencana), Action (tindakan), Observastion (pengamatan), Reflection (refleksi). Hasil penelitian menunjukkan, ternyata melalui pendekatan bermain rerata tingkat ketuntasan belajar siswa pada tiap siklus pembelajaran terlihat ada peningkatan nilai,dari 72,35% pada siklus 1 menjadi 75,85% pada siklus 2. Dan dilihat dari jumlah siswa yang telah tuntas belajar juga mengalami peningkatan , dari 22 siswa pada siklus 1 menjadi 27 siswa pada siklus. Berdasarkan temuan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan pendekatan bermain ternyata cukup efektif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di kelas VIII-A SMP YIMI Gresik.

Kata Kunci: Teknik dasar dribble, Penelitian Tindakan Kelas, Pendekatan bermain.

Abstract

In learning activities of physical education and health emerge some constrain and also resistance. For that need the existence of approach, variation and also modification in which later effect of student achievement. Importance of student ability in the field of physical education and health as efficacy yardstick learn, hence felt of vital importance complete immediately existing resistance and constraint. Various problems which cause to lower skilled storey and domination of student is lowering of student motivation in permeating les learning strategy model and items enthused by student. For that need the existence of approach, variation and also modification in study. Purpose of the research is to get whole picture about student developing ability in dribble material of basketball game through playing approach (action research in VII-A of SMP YIMI GresikĀ  ain academic year 2008/2009. This research show, in the reality through playing approach at complete storey level average student learning individually at every study cycle seen there is improvement, from 72,45% at cycle 1 becoming 75,85% at cycle. And seen from amount of complete student learning also there improvement, where at cycle 1 there are 22 student who have completed and at cycle 2 there are 27 student completed there learning. Based on this class action research can be concluded that trough playing approach at its effective enough in improving achievement student learning in class of SMP YIMI Gresik.

Keywords: Dribble basic technique, Class action research, Playing approach.

Published
2014-11-23
Abstract Views: 11
PDF Downloads: 16