PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN DENGAN BERMAIN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SERVICE BAWAH BOLAVOLI SISWA KELAS ATAS SDN DUNGUS KEC. CERME

  • NOVITA WULANDARI

Abstract

Abstrak

Dalam pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani di sekolah secara umum peran guru masih sangat dominan sehingga siswa hanya menerima pelajaran dan mereka tidak dapat belajar sesuai dengan tahap perkembangannya. Oleh karena itu maka perlu diberikan suatu model pembelajaran yang lebih bervariatif seperti, memberikan pembelajaran dengan pendekatan bermain sehingga diharapkan siswa dapat berperan aktif dalam setiap proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1.) Pengaruh penerapan metode pembelajaran dengan pendekatan bermain dapat meningkatkan hasil belajar bolavoli siswa. (2.) Kendala pelaksanaan pembelajaran dengan pendekatan bermain pada siswa. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas V SDN DUNGUS Kec. Cerme dengan jumlah siswa sebanyak 33 siswa. Metode dalam analisa ini menggunakn metode penelitian secara kontinyu dan berkesinambungan dari siklus ke siklus. Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: (1.) Penerapan metode pembelajaran dengan pendekatan bermain dapat meningkatkan hasil belajar materi service bolavoli siswa. Hal ini terlihat dari hasil belajar materi service bawah siswa mengalami peningkatan, tingkat ketuntasan klasikal pada siklus 1 sebesar 62,73% selanjutnya dapat terpenuhi siklus ke 2 dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 84,85%. (2.) Kendala ketika pelaksanaan pembelajaran materi bolavoli dengan pendekatan bermain adalah siswa kurang menguasai gerakan saat melakukan service bawah, terutama saat posisi badan saat memukul bola, posisi tangan saat memukul bola dan posisi kaki saat memukul bola. Sehingga perlu dilakukan pembelajaran lanjutan pada siklus 2.

Kata Kunci : Metode, pendekatan, bermain, service bawah, bolavoli, hasil belajar.

Abstract

In the implementation of physical education lessons in schools in general are still very dominant role of the teacher so that students only receive a lesson and they can not learn in accordance with its development stage. Therefore, it needs to be given a more varied teaching models such as, providing learning approach and expect student to play an active in every process of learning. The purpose of this study is to determine: (1) The effect of application of learning to play approach to improving student learning outcomes volley ball. (2) Constraints on the implementation of learning to play in students approach. The study is targeted elementary school fifth grade students of SDN DUNGUS Kec. Cerme with the number of students as much as 33 students. The method in this analysis using a continuous and ongoing research from cycle to cycle. The results can be summarized as follows: (1) Application of the method of learning by playing approach to improve learning outcomes materials volley ball student under service. This is evident from the results of student service learning materials has increased, the level of classical completeness in cycle 1 by 62,73% can be met in subsequent cycle to 2 with the percentage of classical completeness of 84,85%. (2) Constraints when implementing volley ball learning materials with students approach to playing is less control of movement when performing a under service, especially when hitting the ball body position, hand position when hitting the ball, and position of the foot when hitting the ball, so we need advanced learning in cycle 2.

Keywords : Methods, Approaches, Playing, Service, Volley ball

Published
2014-11-23
Abstract Views: 11
PDF Downloads: 12