MOTIVASI SISWA DALAM MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER FUTSAL DI SMP CITRA BERKAT SURABAYA

  • DIAN LANGLANG S

Abstract

Abstrak

Setiap potensi siswa yang belum mempunyai jalan untuk mengembangkan keberhasilannya perlu diberdayakan dengan adanya ekstrakurikuler.yang bertujuan mengembangkan bakat, minat, kemampuan dan keterampilan. Untuk berperan serta dalam kegiatan ekstrakurikuler perlu adanya identifikasi untuk mengetahui motivasi siswa dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler futsal di SMP Citra Berkat Surabaya. Dari masalah yang telah dipaparkan, penelitian ini dilakukan dengan mengisi angket dimana setiap responden wajib mengisi sesuai dengan petunjuk peneliti. Jenis penelitian ini adalah noneksperimen dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa untuk pernyataan angket indikator persaingan termasuk kategori baik dengan persentase sebesar 89%. Untuk indikator status/pengakuan termasuk kategori cukup dengan persentase sebesar 58%. Untuk indikator pelepasan energi termasuk kategori cukup dengan persentase sebesar 63%. Untuk indikator suasana dalam tim termasuk kategori baik dengan persentase sebesar 76%. Untuk indikator keanggotaan/berteman termasuk kategori baik dengan persentase sebesar 85%. Untuk indikator kebugaran termasuk kategori baik dengan persentase sebesar 89%. Berdasarkan penjelasan diatas maka dapat diketahui bahwa motivasi siswa dalam mengikuti ekstrakurikuler futsal di SMP Citra Berkat Surabaya banyak dipengaruhi oleh indikator persaingan dan kebugaran dengan persentase sebesar 89%, yang mendorong siswa dalam mengikuti ekstrakurikuler futsal.

Kata Kunci : Motivasi, siswa, ekstrakurikuler, dan futsal. 

Abstract

Every students’ potential which does not have way to develop their success yet, need to be supported by extracurricular with the aim to develop talent, interest, ability, and skill. In order to take part in the extracurricular, it needs identification to know the students’ motivation in joining futsal extracurricular in Surabaya Citra Berkat Junior High School. According to the recently explained problem, this research was done by filling the questionnaire that the respondents had to answer in compliance with the researcher’s instruction. This kind of research is non-experiment with descriptive-quantitative approach. From the research result can be known that for the questionnaire statements of rivalry indicator implied in good category with percentage 89%. For the recognition indicator implied in enough category with percentage 58%. For the energy release indicator implied in enough category with percentage 63%. For the team condition indicator implied in good category with percentage 76%. For the membership indicator implied in good category with percentage 85%. And for the fitness category implied in good category with percentage 89%. According to the explanation above so it can be known that students’ motivation in joining futsal extracurricular in Surabaya Citra Berkat Junior High School mostly influenced by rivalry and fitness indicators with percentage 89%,which encouraged students in joining futsal extracurricular.

Keywords : Motivation, students, extracurricular, and futsal 

Published
2014-11-23
Abstract Views: 30
PDF Downloads: 533