PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG TERHADAP HASIL BELAJAR SERVICE BAWAH PADA PERMAINAN BOLA VOLI

  • MUHAMMAD RENALDO SHINDU P.

Abstract

Abstrak

Permainan bola voli merupakan salah satu permainan olahraga yang kompleks karena dalam permainan bola voli diperlukan beberapa teknik dasar, yang diantaranya service, dig, attack, volley, block, defence. Untuk dapat melakukan gerakan teknik dasar tersebut, maka diperlukan suatu proses pembelajaran yang efektif agar materi dapat diberikan dan diterima oleh siswa dengan baik. Salah satu proses pembelajaran tersebut yaitu model pembelajaran langsung. Karena dengan model pembelajaran langsung, dapat membantu siswa untuk mengembangkan keterampilan teknik dasar dalam permainan bola voli. Tujuan dari penelitian ini adalah 1). Untuk mengetahui cara penerapan model pembelajaran langsung terhadap hasil belajar servis bawah pada permainan bola voli. 2). Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran langsung terhadap hasil belajar servis bawah pada permainan bolavoli. Pada penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif dan menggunakan one group pretest-posttest design. Subyek pada penelitian ini yaitu siswa SDN Sawunggaling IV Surabaya yang berjumlah 30 siswa.

Berdasarkan data hasil penelitian yang telah dilakukan, maka dapat diambil suatu kesimpulan sebagai berikut; 'Penerapan model pembelajaran langsung ini sangat efektif diberikan untuk mata pelajaran pendidikan jasmani pada materi servis bawah permainan bolavoli. Karena dalam proses pembelajaran langsung ini materi dan tujuan disampaikan secara langsung kemudian memberikan contoh dengan cara mendemonstrasikan keterampilan. Setelah itu membimbing semua siswa untuk dapat mempraktikkan tentang apa yang sudah disampaikan  dan model pembelajaran langsung berpengaruh terhadap hasil belajar servis bawah pada permainan bolavoli. Hal ini berdasarkan pada hasil uji t antara pre-test dan post­test yang menunjukkan hasil t hitung lebih besar dari t tabel yaitu 4,022 > 1,699 dengan taraf ketelitian 95% (taraf nyata a 0,05), sehingga Ho ditolak. Jadi terdapat pengaruh model pembelajaran langsung terhadap hasil belajar servis bawah pada permainan bolavoli.

Kata Kunci : Pembelajaran langsung, Hasil belajar, Servis bawah, Pemainan bolavoli.

Abstract

Volleyball Games is one of the complex sports games because in this game several basic techniques are required, such as service, dig, attack, volley, block, and defense. To be able to perform those basic techniques, it is needed a process of effective learning so that the lessons can be delivered and received by the students well. One of the learning processes is the direct-learning model. By using direct-learning model it could help students developing basic technical skills in volleyball games. The objectives of this research are 1). to find out the application method of direct-model learning to the results of underhand service study in volleyball game. 2). To find out the influences of the direct-learning model toward the results of underhand service study in volleyball game. This Research is a kind of experimental research with a quantitative approach designed with one group pretest posttest design. The subject in this research is students of SDN Sawunggaling IV Surabaya numbered of 30 students. Based on the data from the results of research done, then some conclusions con be drawn as follows; this Direct-learning model application is very effective given in the physical-education subjects of underhand service course in volleyball game. Because in this direct-learning process the lessons and the aims are delivered directly and then give the examples by means demonstrating skills. Afterwards guide all of the students so that they are able to practice about what has been presented and direct-learning Model influences on the results of underhand service study in the volleyball game. This is based on the results of t test between pre-test and post­test results show that t calculation result is greater than t table that is 4.022 ≥ 1.699 with 95% accuracy extent (the real level a 0.05), so that Ho refused. Therefore, there is an influence of direct-learning model on the result of underhand service study in a volleyball game.

Keywords: Pembelajaran langsung, Hasil belajar, Servis bawah, Permainan bolavoli.

Published
2014-11-23
Abstract Views: 25
PDF Downloads: 57