PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN MODIFIKASI TERHADAP HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK (Studi pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Gondang Kabupaten Mojokerto)

  • RICO DWI PERMANA PUTRA

Abstract

Abstrak

Pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan merupakan salah satu cara untuk mengarahkan siswa dalam aktivitas jasmani termasuk keterampilan olahraga, salah satunya adalah pembelajaran atletik khususnya lompat jauh. Karena itu pendidik atau tenaga pendidikan diharapkan dapat menciptakan suasana pembelajaran yang diharapkan.diSMP Negeri 1 Gondang Kabupaten Mojokerto dalam penyampaian materi pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan, materi yang diberikan kepada siswa disampaikan masih menekankan pada aspek teknik saja. Hal ini akan berdampak kepada siswa yang menjadi kurang antusias mengikuti pelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan. Modifikasi dianggap sebagai salah satu hal yang dapat membantu guru selama proses kegiatan belajar mengajar dengan keterbatasan yang dimiliki oleh sekolah. Salah satu alat bantu pembelajaran atau media pembelajaran modifikasi yang dapat digunakan untuk pembelajaaran atletik nomor lompat jauh adalah menggunakan media pembelajaran modifikasi berupa kardus untuk sebagai stimulus pada  peserta didik untuk melakukan lompatan. dan diharapkan hasil belajar dapat meningkat.Tujuan dari penelitian ini adalah 1) mengetahui pengaruh media pembelajaran modifikasi terhadap hasil belajar lompat jauh gaya jongkok siswa kelas VII SMP Negeri 1 Gondang Kabupaten Mojokerto 2) mengetahui seberapa besar pengaruh media pembelajaran modifikasi terhadap hasil belajar lompat jauh gaya jongkok siswa kelas VII SMP Negeri 1 Gondang Kabupaten Mojokerto. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan pendekatan deskriptif kuantitatif dan merupakan penelitian populasi yang berjumlah 32 siswa.Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan media pembelajaran modifikasi terhadap hasil belajar lompat jauh gaya jongkok pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Gondang Kabupaten Mojokerto yang dibuktikan dari hasil thitung 32,31> nilai ttabel 2,042 dengan taraf signifikan 0,05. Besarnya pengaruh adalah 32,31%.

Kata Kunci: media pembelajaran modifikasi (Treatment) ,  hasil belajar, lompat jauh gaya jongkok

Abstract

Physical education, sport and health is one way to engage students in physical activities including sport skills, one of them is athletics learning especially long jump. So the teachers are expected to create some learning atmospheres that are expected. At Gondang Junior High School 1 Mojokerto in teach physical education, sport and health, the materials which are given to the students just focused on the technical aspect only. This way will affect in students’ enthusiastic to join in physical education, sport and health lesson. Modifications are considered as one of thing that can help the teachers during the process of teaching and learning with the limitation that is haven by the school. One of the tools that can help the learning or modification learning media that can be used to learning the athletic especially long jump is use modification learning media that is hardboard as the stimulus of the students to do jumping. And it is expected can increase the long jump score. The purposes of this study were 1) determined the influence of treatment modification learning media to the long jump squat style score of seventh grade of Junior High school Gondang 1 mojokerto students 2) determined how much the influences of treatment modification learning media to the long jump squat style score of seventh grade of Junior High school Gondang 1 mojokerto students. This study used quasi-experimental study and used descriptive quantitative approach with 32 students. From the result of this study could conclude that there was a significant affect of treatment modification learning media to the long jump tuck style score of seventh grade of Junior High school Gondang 1 mojokerto students that was evidenced from the result of 32.31 t count> t table value of 2.042 with a significance level of 0.05. The magnitude ofthe effectwas32.31%.

Keywords: treatment modification learning media, score, long jump tuck style

Published
2014-12-13
Abstract Views: 42
PDF Downloads: 119