PENGARUH PENERAPAN MODIFIKASI SMASH BOLAVOLI TERHADAP HASIL BELAJAR GERAK DASAR SMASH BOLAVOLI (STUDI PADA SISWA KELAS XI IPA 3 SMA NEGERI 1 PRAJEKAN KABUPATEN BONDOWOSO)

  • REZEKI WIBISONO

Abstract

Abstrak

Proses belajar mengajar merupakan rangkaian kegiatan dari mulai merencanakan, menyelenggarakan, melaksanakan sampai kepada penilaiannya serta menyelenggarakan tindak lanjut apa dalam kegiatan belajar mengajar. Dalam menyampaikan pembelajaran harus mempunyai model yang sesuai agar dapat berjalan secara efektif, karena pembelajaran yang akan disampaikan adalah pembelajaran smash bolavoli yang mengandung unsur gerak, membutuhkan kerja sama antar individu untuk mencapai hasil belajar yang lebih baik, untuk itu pembelajaran yang cocok adalah pembelajaran modifikasi. Modifikasi smash bolavoli adalah salah satu usaha menyederhanakan materi pembelajaran smash bolavoli mulai dari gerakan yang mudah ke yang sulit sesuai karakteristik siswa agar siswa bisa mengikuti pembelajaran dengan senang dan tidak takut cidera. Tujuan dari penelitian ini adalah 1. Mengetahui adanya pengaruh penerapan modifikasi smash bolavoli  terhadap hasil belajar gerak dasar smash bolavoli pada siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri 1 prajekan Kabupaten Bondowoso. 2. Seberapa besar pengaruh penerapan modifikasi smash  terhadap hasil belajar gerak dasar smash bolavoli pada siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri 1 prajekan Kabupaten Bondowoso. Berdasarkan hasil penelitian dan melalui perhitungan data menggunakan SPSS 20.0 menunjukkan bahwa hasil perhitungan uji beda rata-rata menunjukkan hasil t-hitung> t-tabel (5,6 > 1,717), maka Hipotesis kerja (Ha) diterima apabila t-hitung> t-tabel, Ho ditolak. Dari hasil uji hipotesis di atas, dapat dikatakan bahwa ada pengaruh yang signifikan pada hasil belajar gerak dasar smash bolavoli. Dengan hasil perhitungan tersebut juga dapat diketahui bahwa modifikasi smash bolavoli  dapat meningkatkan hasil belajar smash bolavoli sebesar 8,6%.

Kata Kunci : Modifikasi Smash Bolavoli, Hasil Belajar Gerak Dasar Smash Bolavoli

Abstract

The learning process is a series of activities from start to plan, organize, implement until the assessment and follow-up organized in learning activities. In presenting the learning must have an appropriate model to be able to run effectively, because learning to be delivered is learning volleyball smash that contain elements of motion, requires cooperation among individuals to achieve better learning outcomes, for the suitable learning is learning modification. Modifications smash volleyball is one of the efforts to simplify the learning materials smash volleyball ranging from simple movements that are difficult to fit the characteristics of the students so that the students can follow the learning with fun and not afraid of injury. The purpose of this study is 1. Knowing the influence of the modification application smash volleyball on learning outcomes basic motion smash volleyball in class XI IPA 3 SMAN 1 Prajekan Bondowoso. 2. How much influence the implementation of modifications to the learning outcomes motion smash smash volleyball on the basis of class XI IPA 3 SMAN 1 Prajekan Bondowoso. Based on the results of research and through the calculation of the data using SPSS 20.0 shows that the results of the calculation of the average difference test showed the results of the t-count > t-table (5.6 > 1.717), the working hypothesis (Ha) is accepted if t count > t tables, Ho is rejected. From the test results of the above hypothesis, it can be said that there is a significant influence on the outcome of learning basic motion smash volleyball. With the results of these calculations can also be seen that the modification smash volleyball can improve learning outcomes smash volleyball at 8.6%.

Keywords : Modification Smash volleyball, Learning Outcomes Basic  Motion Smash volleyball

Published
2014-12-13
Abstract Views: 21
PDF Downloads: 28