PENGARUH MODEL BELAJAR KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR START JONGKOK SISWA (Studi Pada Siswa Kelas XI Boga 1 SMK Negeri 3 Kediri)

  • MUHAMAD SAIFUL ALFIN

Abstract

Abstrak 

Pelaksanaan pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan merupakan sebuah investasi jangka panjang dalam upaya peningkatan mutu sumber daya manusia Indonesia. Namun, sering kita lihat suatu fakta dalam implementasinya secara formal masih ada beberapa siswa yang pasif dalam pembelajaran di lapangan sehingga pada akhirnya siswa tersebut tidak dapat mencapai tujuan dari pembelajaran.Untuk itu guru harus memberikan materi-materi yang jelas pada peserta didik, dengan cara menyampaikan pengajaran yang kreatif dan inovatif, sehingga peserta didik termotivasi mengikuti pembelajaran. Salah satu cara untuk menyampaikan pengajaran yang kreatif dan inovatif adalah dengan cara menggunakan model pembelajaran yang sesuai dengan kondisi dan karakter siswa sehingga pembelajaran lebih menarik serta membuat siswa menjadi antusias dan aktif dalam mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan. Dalam hubungan model belajar dengan kegiatan belajar yang terpenting adalah bagaimana menciptakan kondisi atau suatu proses yang mengarahkan siswa untuk melakukan aktivitas belajar dan bagaimana guru juga melakukan usaha-usaha untuk dapat menumbuhkan dan memberikan hasil belajar yang baik, begitu juga dalam pembelajaran start jongkok. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk dijadikan sumber referensi model pembelajaran yang tepat guna untuk pembelajaran start jongkok siswa kelas XI Boga 1 SMK Negeri 3 Kediri (2) Untuk mengetahui besarnya pengaruh model belajar kooperatif tipe Teams Games Tournaments (TGT) terhadap hasil belajar start jongkok siswa kelas XI Boga 1 SMK Negeri 3 Kediri. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa model belajar kooperatif tipe Teams Games Tournaments (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar start jongkok siswa dalam mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan sebesar 46%. Untuk hasil belajar ada peningkatan dari hasil pre-test dan post-test dengan hasil uji-t sampel berpasangan dengan t-hitung lebih besar dari t-tabel (16,6>1,714). Sehingga dengan kata lain dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dengan diterapkannya model belajar kooperatif tipe Teams Games Tournaments (TGT) terhadap hasil belajar start jongkok siswa kelas XI Boga 1 SMK Negeri 3 Kediri.

Kata Kunci :    Model belajar kooperatif tipe Teams Games Tournaments (TGT), Hasil belajar, Start Jongkok

Abstract

Implementation of physical education, sport and health is along-term investment in improving the quality of human resources in Indonesia. However, we are often to see a fact in that a formal implementation, there are still some students who are passive in learning at the field so that in the end they are not to be able to achieve a goals of learning. So the teacher should be give a clear of learning materials for students with the way to teach creativity and innovative teaching, so that students are motivated to follow the lesson. One way to deliver creativity and innovative teaching is give a most good learning models to make it more attractive as well as making students become enthusiastic and active in following the teaching of physical education, sport and health. In connection between the learning models with learning activity, the most important is how does make to create a condition or a process that directs students to perform learning activities and how does teachers are also making efforts to be able to grows and provide learning result for students to do a good learning activities, as well as in learning the crouch start. The purpose of this research are (1) To be references source about learning models that most good for crouch start for students on grade XI Boga 1 Vocational High School 3 Kediri (2) To determine the influence of cooperative learning models of Teams Games Tournaments (TGT) type’s to learning result on student’s crouch start on grade XI Boga 1 Vocational High School 3 Kediri. Based on this research, it is known that the cooperative learning models of Teams Games Tournaments (TGT) type’s can enhance students' learning result of crouch start of 46%. For learning result there was an increase from the pre-test and post-test with the results of paired samples t-test with t-count is greater than t-table (16,6>1,714). So in other wordsit can be concluded that there is significant effects about cooperative learning models of Teams Games Tournaments (TGT) type’s to increase students' learning result on crouch start in grade XI Boga 1 Vocational High  School 3 Kediri.

Keywords: Cooperative learning models of Teams Games Tournaments (TGT) type’s, Learning result, Crouch Start

Published
2015-11-28
Abstract Views: 10
PDF Downloads: 37