PERBANDINGAN POLA ASUH OTORITER DENGAN POLA ASUH PERMISIF TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA (Studi  Pada  Siswa  Kelas  VII SMP Taman Pelajar Surabaya)

  • SEPTIAN HADI WIJAYA

Abstract

Abstrak

Pola asuh orangtua merupakan interaksi dan bersosialisasi antara anak dan orang tua. Orang tua memberikan stimulasi yang bertujuan untuk mengubah perilaku anak dan memberikan pengetahuan yang dianggap sesuai dengan yang diharapkan orang tua. Agar nantinya anak tidak selalu membutuhkan bantuan orang lain serta mampu berkembang secara sehat dan optimal. Kedisiplinan merupakan suatu proses pendidikan yang harus dilakukan secara teratur dan juga merupakan pelatihan sikap serta perilaku yang mencerminkan ketaatan dan ketepatan tindakan terhadap peraturan, tata tertib, norma-norma yang berlaku, baik tertulis maupun yang tidak tertulis. Oleh karena itu diperlukan pola asuh yang baik untuk membantu perkembangan kedisiplinan peserta didik secara optimal khususnya pada siswa kelas VII SMP Taman Pelajar Surabaya.

Tujuan dari penelitian ini adalah ; 1) Untuk mengetahui gambaran tingkat kedisiplinan pola asuh otoriter. 2) Untuk mengetahui gambaran tingkat kedisiplinan pola asuh permisif. 3) Untuk mengetahui adakah perbedaan yang signifikan antara pola asuh otoriter dan pola asuh permisif terhadap kedisiplinan siswa kelas VII SMP Taman Pelajar Surabaya. 4) Untuk mengetahui  pola asuh manakah yang lebih baik antara pola asuh otoriter dan pola asuh permisif terhadap  kedisiplinan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Taman Pelajar Surabaya dengan jumlah sampel sebanyak 70 siswa dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Instrument yang digunakan berbentuk angket dan dengan teknik analisis data menggunakan Chi-square tes.

Berdasarkan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pola asuh otoriter dan permisif tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kedisiplinan siswa dengan perhitungan SPSS for windows 20.0 yaitu dengan tingkat kesalahan α sebesar 5% (0,05), Asym.Sig 1,778 > 0,05

Kata Kunci : Pola asuh orangtua otoriter, pola asuh permisif, kedisiplinan.

Abstract

Parent’s educate pattern is one of interaction and socialization between children and parents. Parents give a stimulation which have a purpose to change children’s behavior and give a knowledge that seeing as parents expectation. A later, the children doesn’t need another else favor and being grow healthly and optimal. A discipline is one of education process which must be doing systematicaly and a attitude and behavior training that reflect loyality and precise action into a regulation, rules of order, and norms, written and/or unwritten. Because of that, need to educate pattern to help developing student’s discipline optimaly, in case within student class VII SMP Taman Pelajar Surabaya.

The purpose of this research is : 1) To know a level of authoritative educate pattern discipline’s description. 2) To know a level of permissive educate pattern discipline’s description. 3) To check is there significant difference between authoritative educate pattern and permissive educate pattern to a discipline. The research’s subject is student class VII SMP Taman Pelajar Surabaya with amount of sample, 70 students with cluster random sampling technique. The instrument is in a form of questionnaire with data analysis technique using Chi-square test.

Base on research result, can take conclusion that authoritative educate pattern and permissive educate pattern did not significant effect to student’s discipline with SPSS for windows 20.0 calculation, with false point level α as much as 5 % (0,05), Asym.Sig 1,778 > 0,05.

Keywords : Authoritative educate pattern, permissive educate pattern, student”s discipline.

Published
2015-11-28
Abstract Views: 25
PDF Downloads: 79