PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR DRIBBLE SEPAK BOLA (Studi  Pada  Siswa  Kelas  XI SMA Negeri 1 Sekaran Lamongan)

  • HABIL EKA SETIAWAN

Abstract

Abstrak

Peran seorang guru sangatlah penting dalam suatu proses pembelajaran. Karena tujuan dari suatu pembelajaran adaalah merubah kemampuan peserta didik dari yang tidak menguasai materi sama sekali menjadi dapat menguasai materi meskipun tidak secara sempurna. Dalam starategi pembelajaran banyak model pembelajaran yang dapat dipilih oleh guru untuk melangsungkan suatu proses pembelajaran. Dengan menerapkan model pembelajaran yang menarik dan efektif dapat memudahkan guru dalam melaksanakan pembelajaran, sehingga mendapatkan hasil belajar yang sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. Dalam penelitian ini, model pembelajaran yang diterapkan adalah model cooperative learning tipe jigsaw pada pembelajaran dribble sepak bola.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Pengaruh penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw terhadap hasil belajar dribble sepak bola pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Sekaran Lamongan. (2) Besarnya pengaruh hasil belajar dribble sepak bola dengan menerapkan model pembelajaran cooperative learningtipe jigsaw pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Sekaran Lamongan.

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Dalam penelitian ini, untuk menentukan sampel menggunakan cluster random sampling dari populasi kelas XI SMA Negeri 1 Sekaran Lamongan dengan jumlah siswa 210 siswa dari 6 kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 2 dengan jumlah 34 siswa.

Dari hasil penelitian secara umum dan berdasarkan hasil penghitungan analisis data, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan pada penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe jigsaw terhadap hasil belajar dribble sepak bola dibuktikan dengan hasil t hitung> t tabel (6,717 >1,692). Adapun pengaruh tersebut ditunjukkan dengan peningkatan hasil belajar sebesar 29,87 %.

Kata Kunci : Cooperative learning tipe jigsaw, Hasil belajar dribble sepak bola 

Abstract

The teacher’s role in the teaching and learning process is important because the objective of the learning is to improve the students’ ability from beginner into mastering the material even imperfect understanding. There are many learning strategies that are used by the teacher to conduct the teaching and learning process. By implementing the interesting and effective learning method help teacher to conduct the teaching, so it will contribute the learning result that proper to the objective of the learning. In this research, learning model that is used “Cooperative learning” jigsaw type on the football dribble.

This research objectives are: (1) the effect of implementation “Cooperative learning” jigsaw type to the learning result on football dribble to the XI Graders of SMA Negeri 1 SekaranLamongan. (2) The amount effect of learning result of football dribble by implementing learning model “Cooperative learning” jigsaw type to the XI graders of SMA Negeri 1 SekaranLamongan.

This research belongs to semi experimentalresearch that use descriptive quantitative approach. In this research, to determine the samples is used Cluster random sampling from the population of XI graders SMA Negeri 1 SekaranLamongan with amount of 210 students from six classes. This sample research is XI students’ science 2 with amount of 34 students.

From general result of this research and based on the counting analysis data result, it can be concluded that the significant effect of the implementation learning model “Cooperative learning” jigsaw type to the result of football dribble proven by t count > t Table (6,717>1,692). Ultimately, the effect shows the improvement of learning result 29,87%

Keywords: “Cooperative learning” jigsaw type, learning result of football dribble.

Published
2015-11-28
Abstract Views: 33
PDF Downloads: 67