PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ALAT BANTU BIDANG MIRING TERHADAP HASIL BELAJAR ROLL BELAKANG KAKI TEKUK (Studi Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Wonoayu Kabupaten Sidoarjo)

  • MUHAMMAD ANDRI ARFIANTO

Abstract

Abstrak 

Pendidikan jasmani, olaharaga dan kesehatan merupakan bagian integral dari pendidikan secara keseluruhan, bertujuan untuk meningkatkan potensi fisik, keterampilan gerak, membudayakan sikap sportif, disiplin, kerjasama, keterampilan sosial, tindakan moral, aspek pola hidup sehat dan pengenalan lingkungan bersih melalui aktivitas jasmani, olahraga dan kesehatan. Dalam rencana pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan yang disusun secara sistematis terdapat mata pelajaran senam. Aspek yang harus dikembangkan dalam pembelajaran senam lantai yaitu siswa dapat melakukan gerakan senam dengan benar, siswa dapat mengembangkan sikap disiplin, keberanian dan tanggungjawab serta dapat menjelaskan teknik gerakan senam lantai dengan benar.

Salah satu komponen yang diajarkan dalam senam lantai adalah gerakan roll belakang. Roll belakang sendiri ada dua macam yaitu roll belakang kaki tekuk dan roll belakang kaki lurus. Pembelajaran senam yang diajarkan di SMPN 2 Wonoayu Sidoarjo salah satunya adalah gerakan roll belakang kaki tekuk. Berdasarkan hasil pengamatan peneliti di SMPN 2 Wonoayu Sidoarjo, menemukan bahwa hasil belajar siswa pada materi roll belakang kaki tekuk masih rendah. Dalam pembelajaran materi senam roll belakang kaki tekuk, selama proses pembelajaran hanya selalu menggunakan matras datar.

Dalam penelitian ini, peneliti ingin mencoba menerapkan penggunakan media alat bantu bidang miring selama proses pembelajaran roll belakang kaki tekuk. Media bidang miring adalah suatu alat yang permukaannya datar dan memiliki suatu sudut, yang bukan sudut tegak lurus terhadap permukaan horizontal. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Ingin mengetahui pengaruh penggunaan media alat bantu bidang miring terhadap hasil belajar roll belakang kaki tekuk siswa kelas VIII SMPN 2 Wonoayu Sidoarjo. (2) Ingin mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan media alat bantu bidang miring terhadap hasil belajar roll belakang kaki tekuk siswa kelas VIII SMPN 2 Wonoayu Sidoarjo. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian menggunakan Cluster Random Sampling diambil satu kelas dengan jumlah sampel sebanyak 32 siswa dari jumlah populasi sebanyak 276 siswa yang terbagi menjadi delapan kelas.

Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa penggunaan media alat bantu bidang miring dapat meningkatkan hasil belajar roll belakang kaki tekuk sebesar 33,38 %. Untuk hasil belajar ada peningkatan dari hasil pre-test dan post-test dengan hasil uji-t sampel berpasangan dengan t-hitung lebih besar dari t-tabel (-19,32 > 1,6905). Sehingga dengan kata lain dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan melalui penggunaan media alat bantu bidang miring untuk meningkatkan hasil belajar roll belakang kaki tekuk siswa kelas VIII SMPN 2 Wonoayu Sidoarjo.

Kata Kunci : Media, Roll Belakang Kaki Tekuk, dan Hasil Belajar

 

Abstract

Phsycal education, sport, and health are integrally belonged to whole education system, aimed to improve physical potency, skill of body movement, civilize of sportive habbitual, dicipline, teamwork, social skill, attitude, healthy life-style and introducing clean environment by doing phsycal activity, sport, and health. There is gymnastic lesson in the planning of physical education, sport, and health which is arranged sistematically. The aspect needs to be developed in gymnastic floor is that the students will be able to make gymnastic movement well, and the students will be able to enhance dicipline attitude, bravery, responsibility, and also will be able to explain the gymnastic floor movement correctly.

Back roll is one of components that is taught in the gymnastic floor. There are two kinds of back roll, they are back roll using bent leg and back roll using straight leg. The movement of back roll with bent leg is gymnastic learning which is taught in SMPN 2 Wonoayu Sidoarjo. Based on the observation result of researcher in SMPN 2 Wonoayu Sidoarjo, it is found out that the result of the students learning in the back roll using bent leg is still under average or low. The teachers just always use flat mattress during teaching and learning process learning of back roll using bent leg gymnastic.

In this research, the researcher would like to try implementing the use of inclined plane media during the teaching and learning process of back roll using bent leg. Inclined plane media is a tool that its surface is flat and has a angle, which is not perpendicular angle toward the horizontal surface. The purposes of this study are (1) Would like to find out the effect of implementing inclined plane media toward of the students grade VIII SMPN 2 Wonoayu Sidoarjo learning result in doing back roll with bent leg. (2) Would like to find out how big the effect of implementing inclined plane media toward of the students grade VIII SMPN 2 Wonoayu Sidoarjo learning result in doing back roll with bent leg. The data collection technique  in this research used cluster randon sampling which is taken from 1 class with number of samples are 32 students from the population numbers as 276 students which divided onto 8 classes.

Based on the result of the research, the research found out that the implementation of inclined plane media can enhance the result study of back roll using bent leg as 33,38 %. For the result of the study, there is an improvement from pre-test result and post test result with result of t-sample pairs with t-total is higher than t-table which is (-19,32 > 1,6905). In conclusion there is significant effect through implementing inclined plane media to improve learning result of back roll using bent leg for students grade VIII SMPN 2 Wonoayu Sidoarjo.

Keywords : Media, Back Roll With Bent Leg, Learning Result

Published
2015-11-28
Abstract Views: 46
PDF Downloads: 192