MODIFIKASI PEMBELAJARAN PERMAINAN BOLAVOLI UNTUK MENINGKATKAN MINAT SISWA TERHADAP PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA DAN KESEHATAN (Studi Pada Siswa Kelas X IIS 1 SMAN 1 Sukodadi Lamongan)

  • USWATUN HASANAH

Abstract

Abstrak

Pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan tidak akan berjalan selaras jika tidak adanya interaksi yang seimbang antara guru dan siswa. Seperti halanya pembelajaran bolavoli, tidak akan berjalan lancar jika siswa tidak melakukan tugas pembelajaran yang diberikan oleh guru dengan semangat. Hal itu dikarenakan metode dan pembelajaran yang monoton. Untuk memberikan suntikan semangat itu seorang guru harus mampu membuat pembelajaran menjadi menarik dan tidak monoton, karena pembelajaran monoton akan membuat siswa menjadi bosan dan malas berinteraksi sehingga tujuan pembelajaran menjadi tidak tersampaikan. Salah satu metode agar siswa menjadi berminat adalah memodifikasi pembelajaran permainan bolavoli.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Perbedaan pada minat siswa sebelum dan sesudah penerapan modifikasi pembelajaran permainan bola voli terhadap pembelajaran penjasorkes pada siswa kelas X IIS 1 SMAN 1 Sukodadi Lamongan (2) Seberapa besar perbedaan minat siswa terhadap pembelajaran penjasorkes SMAN 1 Sukodadi Lamongan. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas X IIS 1 SMAN 1 Sukodadi dengan jumlah sampel dan jumlah sampel yang di ambil adalah 37 siswa. Metode dalam analisa ini mengunakan metode statistic kuantitatif deskritif, sedangkan proses pengambilan data di lakukan dengan mengunakan angket atau kuesioner skala liker.

Hasil analisa uji-t paired sample t-test didapatkan nilai thitung  2,592>1,690 ttabel  dengan kata lain bahwa terdapat peningkatan yang signifikan antara minat belajar siswa kelas X IIS 1 SMAN 1 Sukodadi Lamongan pada pembelajaran penjasorkes sebelum (pre-test) sebesar 98,84 dan sesudah (post-test) sebesar 102,27. Penerapan modifikasi pembelajaran permainan bolavoli. Modifikasi pembelajaran permainan bolavoli ternyata memberikan peningkatan minat siswa kelas X IIS 1 SMAN 1 Sukodadi Lamongan pada pembelajaran penjasorkes sebesar 3,43 (3,47%).

Kata Kunci: Modifikasi, Modifikasi, permainan bolavoli, minat, pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan.

Abstract

Physical education will not running harmoniously if there is no balance interaction between student and teacher. As on the volleybll learning, will not run smoothly if student do not performing learning tas taht received from teacher enthusiastly. It is due to monotone method and learning. To give spirit a teacher must be able to make learning become interesting and not monotone, since monotone learning make student feel bored and reluctant to interact so learning purposes become not conveyed. One of the methods that make student become interest is by modify volleyball game learning.

The aim of this research are to find out: 1) the student’s interest difference before and after the application of the volleyball game learning to physical education learning on student of Class X IIS 1 SMA Negeri Sukodadi Lamongan, 2) how big is the difference of student’s interest to physical education learning. Research subject is student of Class X IIS 1 SMA Negeri Sukodadi Lamongan with the amount sample are 37 students. Analysis method applying quantitative descriptive statistical method, while data collecting method performed using questioner with Likert scale method.

T-test analysis result obtained tcount2,592>1,690 ttable in other words that there is significant improvement between student’s learning interest to physical education before (pre-test) as big as 98,84 and after (post-test) as big as 102,27. The application of volleyball game learning modification can give improvement to learning interest of student of Class X IIS 1 SMA Negeri Sukodadi Lamongan as big as 3,43% (3,47%)

Keyword : Modification, volleyball game, interest, physical education learning, sport and health.

Published
2015-11-28
Abstract Views: 51
PDF Downloads: 380