HUBUNGAN MOTIVASI PRESTASI OLAHRAGA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA SISWA UPT SMANOR JATIM

  • YULIANINGSIH

Abstract

Abstrak

Motivasi adalah suatu perubahan energi di dalam pribadi seseorang yang ditandai dengan timbulnya afektif dan reaksi untuk mencapai tujuan. Motivasi akan menyebabkan terjadinya suatu perubahan energi yang ada pada diri manusia, sehingga akan berhubungan dengan persoalan gejala kejiwaan, perasaan dan juga emosi. Untuk kemudian bertindak atau melakukan sesuatu, semua ini terdorong karena adanya tujuan kebutuhan atau keinginan. Khusus dalam olahraga prestasi, seorang altet harus berlatih sesuai dengan program latihan sehingga mencapai puncak penampilan (peak performance) pada saat berlangsungnya pertandingan atau kompetisi. Dengan peak performance yang tinggi diharapkan seorang atlet mampu meraih peringkat tertinggi atau meraih gelar juara. Urutan atau gelar juara ditandai dengan medali, seperti medali emas, perak dan perunggu. Untuk mencapai peak performance perlu ditingkatkan pembinaan di berbagai cabang olahraga melalui pola pembinaan dan metode latihan yang lebih tepat, dengan didukung berbagai ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin berkembang sehingga kita dapat mengejar ketertinggalan dalam meningkatkan prestasi olahraga.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: mengetahui hubungan motivasi prestasi olahraga terhadapĀ  prestasi belajar pada siswa UPT SMANOR JATIM. Sasaran penelitian ini adalah seluruh siswa UPT SMANOR JATIM yang berjumlah 162 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang bersifat korelasional. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket motivasi dan prestasi belajar (raport). Hasil penelitian: terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi prestasi olahraga siswa terhadap hasil prestasi belajar siswa UPT SMANOR JATIM. Motivasi prestasi siswa memberikan pengaruh terhadap prestasi belajar siswa sebesar 2,35%.

Kata Kunci: Motivasi, Prestasi Olahraga, Prestasi Belajar.

Abstract

Motivation is a change of energy in a human privacy marked with affective appearance and reaction to reach the purpose. Motivation will cause the change of energy inside of the human, so will connect with a problem indication of psychiatric, feeling and emotion. Then to do something, all this push because of the purpose of needs or desire. Especially in achievement of sport. An athlete must train suitable with training program so that can reach the peak performance during the competition. With high peak performance an athlete is expected can reach top rank or be a champion. Title of champion marked with medalion, like gold, silver, and bronze medalion. To reach peak performance need to increase the development in various sports through development pattern and right exercise method. Supported by various science and growing technology that we can catch up increase sport achievement. The purpose of this research is to know the relationship of sport achievement motivation to student achievement of UPT SMANOR JATIM. The target of this research is all students of UPT SMANOR JATIM totally 162 students. This kind of the research is descriptive research that is corelation. Data measurement technic in this research used motivation questionnaire and raport. The result of the research. There is significant influence between sport achievement motivation of student to student learning achievement in UPT SMANOR JATIM. Students achievement motivation give effect to learning achievement up to 2,35%.

Keywords : Motivation, Sport Achievement, Learning Achievement

Published
2015-11-28
Abstract Views: 156
PDF Downloads: 352