PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR RENANG GAYA DADA (Studi Pada Siswa Yang Mengikuti Ekstrakurikuler Renang Di SMKN 3 Kediri)

  • RIF'AN T. ARAFAT

Abstract

Abstrak

Pendidikan merupakan suatu kegiatan yang universal di dalam kehidupan manusia. Pendidikan pada hakekatnya adalah usaha sadar untuk mengembangkan kepribadian dan kemampuan di dalam dan di luar sekolah yang berlangsung seumur hidup. Tujuan pendidikan ialah membentuk anak menjadi anggota yang mempunyai kecakapan praktis dan dapat memecahkan masalah sosial sehari-hari dengan baik. Pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan (Penjasorkes) memiliki peranan penting dalam penyelenggaraan pendidikan sebagai suatu proses pembinaan manusia yang berlangsung seumur hidup. Motivasi renang gaya dada merupakan suatu perubahan energi di dalam pribadi seseorang yang ditandai dengan timbulnya efektif dan reaksi untuk mencapai suatu teknik yang maksimal dalam melakukan renang gaya dada. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif Teams Games Tournament (TGT) terhadap motivasi belajar renang gaya dada pada siswa yang mengikuti ekstrakurikuler renang di SMKN 3 Kediri dengan jumlah sampel dua puluh orang. Data pada penelitian ini adalah nilai tes motivasi yang diperoleh siswa dengan mengisi angket motivasi belajar yang telah disiapkan peneliti. Pengisian angket dilakukan untuk mengetahui motivasi belajar siswa dalam mengikuti ekstrakulikuler renang khususnya renang gaya dada. Data diambil dengan cara siswa mengisi angket pre-test motivasi, pemberian treatment berupa model pembelajaran kooperatif Teams Games Tournament (TGT), dan mengisi angket post-test motivasi. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran kooperatif Teams Games Tournament (TGT) terhadap motivasi belajar renang gaya dada pada siswa yang mengikuti ekstrakurikuler renang di SMKN 3 Kediri sebesar 10,48%, yang dibuktikan dari hasil uji t hitung 5,57 > nilai t tabel 1,729 dengan taraf signifikan 0,05.

Kata kunci: Teams Games Tournament (TGT), motivasi belajar, renang gaya dada.

Abstract 

Education is one of universal activity in human life. The essance of education is a consious effort to develop personality and ability in and out of school which will last a lifetime. The purpose of educataion is to form a child to become a member who has practical ability and able to solve daily social problem. Physical education, sport and health has important role in education as a process of lifetime human development. Motivation is a change in one’s personal energy whoch characterized with the onset of effectiveness and reaction to achieve a goal. Motivation can be either basic impulses or internal and external to get incentives or prizes. The purpose of this study was to determinte the effect of cooperative Teams Games Tournament (TGT) learning model on breaststroke learning motivation of participants in swimming extracurricular with a sample of 20 people. The data in this study is the motivation test scores obtained by the completed questionnaire that had been prepared. Questionairre was conducted to determine student’s motivation in participating in extracurricular especially breaststroke. Data collected by the motivtion pre-test, treatment in the form of Cooperative Teams Games Tournament (TGT), and a post-test questionnaire. From these results, can be concluded that there are significant influence on Cooperative Teams Games Tournament (TGT) learning model toward breaststroke learning motivation on participant of swimming extracurriculer in SMKN 3 Kediri is 10,48 % which proven by the result of rcount 5,57 > rtable 1,729 with significance level of 0,05.

Keywords: TEAMS GAMES Tournament (TGT), learning motivation, breaststroke

Published
2015-11-28
Abstract Views: 23
PDF Downloads: 76