PERBANDINGAN TINGKAT KEBUGARAN JASMANI ANTARA AKTIVITAS SISWA YANG BERMUKIM DI RUMAH DENGAN AKTIVITAS SISWA YANG BERMUKIM DI PONDOK PESANTREN (Pada Siswa Kelas VIII di MTs Attanwir Bojonegoro)

  • PRIYO TEGUH KUSMINTO

Abstract

Abstrak

Salah satu usaha untuk mengembangkan keolahragaan adalah melalui mata pelajaran pendidikan jasmani yang dilakukan di sekolah, karena mata pelajaran pendidikan jasmani merupakan bagian integral dari pendidikan yang bertujuan untuk mengembangkan aspek kebugaran jasmani, keterampilan gerak, kemampuan berpikir dan aspek sikap dengan cara melakukan aktivitas jasmani. Untuk itu kebugaran yang dimaksudkan adalah kebugaran yang mengarah pada kesehatan. Kebugaran jasmani adalah kemampuan tubuh seseorang untuk melakukan tugas pekerjaan sehari-hari, tanpa menimbulkan kelelahan yang berarti. Rendahnya tingkat kebugaran jasmani dapat disebabkan kurangnya gerak remaja masa kini. Untuk itu pendidikan jasmani dapat dijadikan sarana untuk memperbaiki dan membina tingkat kebugaran jasmani, selain untuk mencapai hidup sehat. Kurang tersedianya sarana dan prasarana yang memadai juga dapat menjadi salah satu penyebabnya.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan tingkat kebugaran jasmani antara aktivitas siswa yang bermukim di rumah dengan aktivitas siswa yang bermukim di pondok pesantren pada siswa kelas VIII di MTs Attanwir, dan untuk mengetahui seberapa besar tingkat kebugaran jasmani antara aktivitas siswa yang bermukim di rumah dengan aktivitas siswa yang bermukim di pondok pesantren pada siswa kelas VIII di MTs Attanwir.

Dalam penelitian ini, instrument yang akan digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes kebugaran jasmani dengan menggunakan Multistage Fitness Test (MFT) untuk mengukur kemampuan maksimal kerja jantung dan paru-paru dengan prediksi VO2 Max. Nilai daya tahan kardiorespirasi  yang dicerminkan oleh prediksi kapasitas VO2 Max merupakan indikator tingkat kebugaran jasmani.

Dari hasil penelitian diketahui bahwa tidak terdapat perbedaan tingkat kebugaran jasani antara siswa yang bermukim di pondok dengan dengan siswa yang bermukim di rumah, t hitung lebih kecil dari t tabel (0,792 < 1,990).  Tingkat kebugaran jasmani masing-masing kelas masuk dalam kategori kurang, baik siswa yang bermukim di pondok maupun siswa yang bermukim di rumah.

Kata Kunci:  Tingkat Kebugaran Jasmani, Siswa bermukim di pondok pesantren dan di rumah

 

Abstract

One of the efforts to develop the sport is through physical education subjects conducted in schools, because the subject of physical education is an integral part of education that aims to develop aspects of physical fitness, motor skills, thinking skills and attitudes aspects by means of physical activity. For it is meant fitness leads to health. Physical fitness is a person's body's ability to perform daily work tasks, without incurring significant fatigue. The low level of physical fitness can be due to lack of motion of today's youth. For the physical education as a way to improve and maintain physical fitness levels, in addition to achieving a healthy life. Lack of adequate infrastructure can also be a factor.

The purpose of this study was to determine the difference between the activity level of physical fitness of students who live at home with the student activity residing in boarding school in eighth grade students in MTs Attanwir, and to know how big the activity level of physical fitness among students who live at home with activities of students who live in boarding school in eighth grade students in junior Attanwir.

In this study, the instrument that will be used to collect the data is physical fitness tests using Multistage Fitness Test (MFT) to measure the maximum capability of the heart and lungs with a predicted VO2 Max. Cardiorespiratory endurance values are reflected by the prediction capacity of VO2 Max is an indicator of the level of physical fitness.

The survey results revealed that there is no difference between the level of physical fitness students living in the Boarding school with the students who live at home, t is smaller than t table (0,792 <1,990). Physical fitness level of each class in the category less, both students who live in huts and students who live at home.

Keywords: Level of Physical Fitness, students living in the Boarding school and at home

Published
2015-11-28
Abstract Views: 40
PDF Downloads: 56