SURVEI PROSES PEMBELAJARAN GURU PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN TERHADAP SISWA INKLUSI (Studi pada 9 sekolah dasar inklusif di sekolah dasar negeri wilayah Surabaya barat)

  • AHMAD HASAN BASYRI

Abstract

Abstrak

Pendidikan inklusif di Indonesia mulai diberlakukan sejak diterbitkannya Permendiknas No 70 tahun 2009. Sedangkan di Surabaya pada tahun 2013 sudah terdapat 50 sekolah dasar negeri yang  ditunjuk oleh Dinas Pendidikan Kota Surabaya untuk menjalankan program sekolah inklusif yang telah tersebar di seluruh wilayah dan persebaran sekolah inklusif dari wilayah yang dimaksud adalah 9 sekolah inklusif terletak di wilayah Surabaya utara, 14 di wilayah selatan, 6 di wilayah pusat, 12 di wilayah timur, dan 9 di wilayah barat. Hal ini merupakan pengalaman baru bagi para guru khususnya guru PJOK yang diharapkan  mampu mengadaptasi metode pengajaran yang sesuai dengan  tingkat dan jenis kebutuhan siswa sehingga proses pembelajaran dapat berjalan dengan optimal.

Penelitian yang dilakukan oleh penulis yaitu dengan menggunakan metode penelitian survei. Hal ini dimaksudkan untuk mempermudah menggeneralisasikan mengenai bagaimana proses pembelajaran guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan terhadap siswa inklusi. Mengingat  judul penelitian ini masih yang pertama, terbukti dengan pantauan peneliti di perpustakaan, maka yang menjadi fokus penelitian adalah hanya pada 9 sekolah dasar inklusif yang ada di sekolah dasar negeri yang terletak di wilayah Surabaya barat.

Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu sebagai berikut: 1) proses pembelajaran guru PJOK terhadap siswa inklusi yang ada di wilayah Surabaya barat termasuk kategori “Cukup” dengan persentase sebesar 73,08 %. Sedangkan kategori dari persentase setiap sekolah yaitu kategori “Tidak Baik” sebanyak 0 sekolah, kategori “Kurang Baik” sebanyak 2 sekolah, kategori “Cukup” sebanyak 2 sekolah, kategori “Baik” sebanyak 5 sekolah. 2) faktor penunjang dan penghambat yang paling utama yaitu a) tidak adanya sarana dan prasarana yang memang sengaja dikhususkan untuk siswa inklusi; b) Kemampuan guru dalam mengenal dan memahami tingkat dan jenis kebutuhan siswa inklusi; c) Keberadaan GPK dalam membantu mendampingi siswa saat pembelajaran PJOK. 3) Metode yang digunakan adalah menggunakan metode keseluruhan.

Simpulan yang dapat diperoleh dari penelitian ini bahwa proses pembelajaran guru PJOK terhadap siswa inklusi wilayah Surabaya barat dapat dikategorikan “Cukup”.

Kata Kunci: Inklusi, PJOK.

Abstract

Inclusive education in Indonesia prevailed since the publication of Ministerial Regulation No. 70 in 2009. While in 2013 there have been 50 state elementary schools appointed by the Department of Surabaya Education to carry out the inclusive schools program that have spread throughout the region and the distribution of the inclusive schools in Surabaya are: 9 inclusive schools in the North Surabaya, 14 inclusive schools in the South of Surabaya, 6 inclusive schools in the Centre Surabaya, 12 inclusive schools in the East Surabaya, and 9 inclusive schools in the West Surabaya. This is a new experience for teachers, especially the education of physical, sport and healthy teachers which are expected to adapt their teaching methods which are suitable with the level and types of students’ need so that the learning process can run optimally.

Research conducted by the author is using Survey Research Methods. It is intended to ease the generalization of how learning process conducted by education of sports physical education and health teachers to the inclusive students. Considering that this research is the first research, it is proved by the researcher’s watch-list in the library, so there are only 9 inclusive state elementary schools focused in the West Surabaya.

The results obtained from this study are as follows: 1) the learning process of sports physical education and health teachers to the inclusive students in the West Surabaya categorized as "Enough" by percentage of 73.08%. While the percentage of each school which categorizes as  "Not Good" as much as 0 school, 2 schools categorized as “Less Good”, 2 schools categorized as “Enough”, and schools categorized as “Good; 2) the most important factors of supporting and inhibiting, namely: a) the lack of infrastructures and facilities that are deliberately devoted to the inclusion students; b) the ability of teachers to recognize and understand the level and type of inclusions student needs; c) the existence of GPK in helping to accompany students during the learning process of education of physical, sport, and healthy; 3) The method used is using a whole method.

Conclusions that can be obtained from this study that the learning process of sports physical education and health teachers to inclusive students in West Surabaya can be categorized as "Enough".

Keywords: Inclusion, Sports physical education and health.

Published
2015-11-28
Abstract Views: 20
PDF Downloads: 93