PERBANDINGAN TINGKAT KEBUGARAN JASMANI SISWA KELAS XI IPA DAN KELAS XI IPS (STUDI PADA SISWA KELAS XI SMA NEHERI 3 SIDOARJO)

  • ULUL AZMI

Abstract

Abstrak

Pendidikan Pendidikan jasmani pada dasarnya merupakan bagian integral dari sistem pendidikan secara keseluruhan. Oleh karena itu, pelaksanaan pendidikan jasmani harus diarahkan pada pencapaian tujuan tersebut. Pendidikan jasmani merupakan media untuk mendorong perkembangan motorik, kemampuan fisik, pengetahuan dan penalaran, penghayatan nilai-nilai (sikap-mental-emosional-spritual-dan sosial), serta pembiasan pola hidup sehat yang bermuara untuk merangsang pertumbuhan dan perkembangan yang seimbang. Tujuan penelitian ini adalah untuk Mengetahui tingkat kebugaran jasmani siswa kelas XI IPA dengan siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 3 Sidoarjo Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 128 siswa. Sedangkan jumlah sampel pada penelitian ini keseluruhan adalah 64 siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan  non eksperimen. Penelitian non ekspeimen adalah suatu penelitian yang tidak diberikan perlakuan atau manipulasi terhadap variabel yang mungkin berperan dalam munculnya suatu gejala, karena gejala yang diamati telah terjadi (ek-post-facto) (Maksum, 2009).  Berdasarkan hasil tes MFT siswa diketahui bahwa hasil Multistage Fitness Test siswa SMA NEGERI 3 Sidoarjo untuk kelas XI IPS memiliki nilai rata-rata sebesar 28,1600, nilai standar deviasi sebesar 7,29400, nilai varian sebesar 53,202, nilai terendah sebesar 20,70 dan nilai tertinggi sebesar 46,50, sedangkan untuk kelas XI IPA memiliki nilai rata-rata sebesar 27,4788, nilai standar deviasi sebesar 6,71504, nilai varian sebesar 45,092, nilai terendah sebesar 20,70, dan nilai tertinggi sebesar 46,50. Nilai F hitung sebesar 0,510, nilai probabilitas (Sig.) sebesar 0,748, dan nilai t hitung sebesar 0,386. Dari hasil analisis data, dapat dikatakan bahwa kebugaran jasmani siswa kelas XI IPA dan IPS di SMA Negeri 3 Sdoarjo dalam kondisi kurang.

Kata Kunci : Kebugaran Jasmani

Abstract 

Basically, physical education is a part of integral education system. Therefore, the implementation of physical education must be directed to achieve those goals. Physical education is a media to support the motoric development, physical skill, knowledge and reasoning, internalizing the values (attitude-mental-emotional-spritual-and social), and accustoming the healthy lifestyle to stimulate the balanced growth and development. This research aims to find the level of students’ physical fitness between eleventh grade of science and eleventh grade of social. The population in this research is 128 students. There aea 64 students become the research sample. This research used non experimental approach. Non experiment research is a reaserch which is not given treadment or manipulation in the variable wich is possible to create an indication, because the observed indication has been noticed (ek-post-facto) (maksum,2009).

Based on the resultd of studdents’ MFT test, the result of the Students’ Multistage Fitness Test at SMA Negeri 3 Sidoarjo for the social class is 28,1600 for its everage score, the deviation standard score is 6,71504, the variant score is 53,202, the lowest score is 20,70, and the highest score is 46,50. The result of the Students’ Multistage Fitness Test at SMA Negeri 3 Sidoarjo for the science class is 27,4788 for its average score, the deviation standard score is 6,71504, the variant score is 45,092, the lowest score is 20,70, and based on the data analysis, can be stated that the students of eleventh grade of science and eleventh grade social at SMA Negeri 3 Sidoarjo are still lack of physical fitness.

Keywords: physical fitness

Published
2015-11-28
Abstract Views: 24
PDF Downloads: 36