PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP PENGUASAAN TEKNIK SMASH KEDENG (STUDI PADA EKSTRAKURIKULER SEPAK TAKRAW SMP NEGERI 2 GEDEG KABUPATEN MOJOKERTO)

  • HENY EKA PRASETIAWATI

Abstract

Abstrak

Proses belajar-mengajar adalah proses komunikasi, yaitu proses penyampaian komunikasi, proses penyampaian pesan dari sumber melalui saluran atau media tertentu kepada penerima pesan. Pesan, sumber pesan, saluran atau media dan penerima pesan adalah komponen-komponen proses komunikasi. Smash kedeng adalah pukulan smash yang dilakukan dengan menjulurkan kaki ke atas mengejar bola, tidak dilakukan dengan putaran badan (salto) di udara. Dalam pengajaran materi smash kedeng ini menggunakan media audio visual guna untuk meningkatkan hasil belajar smash kedeng.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dan besarnya media audio visual terhadap penguasaan teknik smash kedeng pada ekstrakurikuler sepak takraw SMP Negeri 2 Gedeg Kabupaten Mojokerto. Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa yang mengikuti ekstrakurikuler sepak takraw sebanyak 24 siswa. Istrument penelitian ini berupa tes smash kedeng dengan pengambilan data dengan cara pre-test dan post-test.

Hasil penelitian yang didapat adalah terdapat pengaruh media audio visual terhadap penguasaan teknik smash kedeng pada ekstrakurikuler sepak takraw SMP Negeri 2 Gedeg Kabupaten Mojokerto. Hal ini ditunjukkan dari perhitungan T-Test sampel sejenis bahwa nilai thitung (18,02) lebih besar dari ttabel (2,069) dengan menggunakan taraf signifikan 5% dan besar pengaruh media audio visual terhadap penguasaan teknik smash kedeng pada ekstrakurikuler sepak takraw SMP Negeri 2 Gedeg Kabupaten Mojokerto yaitu sebesar 21,53%.

Kata Kunci: Media Audio visual, Smash Kedeng.

Abstract

Sport has the important role in national development and needs to be treated and developed. Training centers, clubs, and extracurricular activities should increase spritiual health, character, discipline, sportmanship, and the development of sporting achievement that can to be active participantin sports activities, especially in “sepak takraw”. “Kedeng smash” is a smash that that is done by sticking a leg up to chase the ball, it is not done with body rotation (somersault) in the air. Using audio visual as media in teaching kedeng smash to improve kedeng smash outcomes.

The purpose of this study is to determine the effect and the influences of audio visual as a media for smash kedeng technique in the extracurriculer at SMPN 2 Gedeg, Mojokerto. This research is experimental study. The paticipants of this research are 24 students. The data instrument of this research is pre test and post test.

The results are obtained audio visual media influence to master kedeng smash technique in sepak takraw extracurriculer junior high school of Mojokerto city. It showed from the calculation of the t-test (18,02) is greater from tabel (2,069) by using 5% sicnificant and the influence audio visual media for mastering smash kedeng technique in sepak takraw extracurriculer SMPN 2 Gedeng, Mojokerto are 21,53%.

Keywords: Audio visual media, Smash Kedeng.

Published
2015-11-28
Abstract Views: 57
PDF Downloads: 1033