PENINGKATAN HASIL BELAJAR  PASSING PADA  PERMAINAN SEPAKBOLA MELALUI METODE PEMBELAJARAN LANGSUNG SISWA KELAS V SDN TULANGAN II SIDOARJO

  • DWI NOVAN KUSUMA WARDANA

Abstract

Abstrak

Dalam pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani di sekolah secara umum peran guru masih sangat dominan sehingga siswa hanya menerima pelajaran dan mereka tidak dapat belajar sesuai dengan tahap perkembanganya. Oleh karena itu maka perlu diberikan suatu model pembelajaran yang lebih bervariatif seperti, pembelajaran langsungdengan variasi modifikasi media sehingga diharapkan siswa dapat berperan aktif dalam setiap proses pembelajaran. Begitu juga yang terjadi pada siswa kelas V SDN Tulangan II Sidoarjo, sebanyak 83,3% siswa memiliki kemampuan yang rendah terhadap materi passing pada permainan sepakbola. Hal ini terjadi dikarenakan kurang maksimalnya pesan materi yang disampaikan guru yang dapat dipahami dan dimengerti oleh siswa, oleh sebab itu dibutuhkan cara yang lebih efektif dan efisien untuk mengatasi masalah tersebut.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) ada tidaknya peningkatan hasil belajar siswa kelas V terhadap hasil belajar passing pada permainan sepakbola melalui model pembelajaran langsung, 2) besarnya peningkatan hasil belajar siswa kelas V terhadap hasil belajar passing pada permainan sepakbola melalui model pembelajaran langsung. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Tulangan II Sidoarjo dengan jumlah siswa sebanyak 18 siswa. Metode dalam analisa ini menggunakan metode penelitian secara kontinyu dan berkesinambungan dari siklus ke siklus.

Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Penerapan pembelajaran langsung materi teknik dasar passing sepakbola yang diberikan pada siswa kelas V SDN Tulangan II Sidoarjo ternyata dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil tindakan kelas pada siklus 1 sampai pada siklus 2 menunjukan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa. 2) Peningkatan hasil belajar siswa dari studi awal sampai siklus 1 sebesar 28,5%; kemudian dari siklus 1 sampai siklus 2 meningkat sebesar 14,0%. Total peningkatan hasil belajar siswa dari studi awal sampai pada siklus 2 sebesar 42,5%.

Kata Kunci: Pembelajaran Langsung, Passing, Sepakbola, Hasil Belajar.

Abstract

In teaching sport subject in the school, generally the teacher’s role is very dominant, thus the students only swallow whatever the teacher gives and they cannot learn something that is appropriate for their development of learning. Because of that, one needs to use appropriate teaching methods which is more creative. One of those is direct teaching method, and it is combined by using media. Hopefully, it can stimulate the students to be active in joining the learning and teaching process, especially for fifth graders V Tulangan II state elementary schools Sidoarjo. 83,3% of those students are less in doing Passing when they play soccer. It simply because the teacher could not deliver the knowledge of soccer to the students well. That is why, it is very important to have the effective and efficiency method to find that problem’s solution. The aim of this research is make one knows that: (1) the improvements of Passing skill in playing soccer by using direct teaching method for fifth graders and (2) the amount of improvement Passing skill in playing soccer by using direct teaching method for fifth graders. The subject if this research is 18 fifth graders V Tulangan II state elementary schools Sidoarjo and this research uses continuity method. The conclusion of this research can be concluded; (1) the implementation of direct teaching method in teaching the basic of passing skill that is given to the fifth graders V Tulangan II state elementary schools Sidoarjo can improve the result of students’ study. The action’s result from cycle 1 to cycle 2 shows that, there is an significant improvement of the students’ learning. (2) The improvement of students’ learning from the first study to cycle 1 is 28.5%, then from cycle 1 to cycle 2 is 14.0%. The total amount of the improvement from the first study to cycle is about 42.5%.

Keywords: Direct Teaching Method, Passing Skill, Soccer, Result of Study.

Published
2015-11-28
Abstract Views: 30
PDF Downloads: 217