PENGARUH PEMBERIAN PERMAINAN KECIL DALAM PEMANASAN TERHADAP MINAT SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA DAN KESEHATAN (STUDI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3  KAMAL, BANGKALAN)

  • ALIEF MAULANA ZULKARNAIN

Abstract

Abstrak

Pembelajaran penjasorkes tidak akan berjalan selaras jika tidak adanya interaksi yang seimbang antara guru dan siswa. Seperti halnya pembelajaran Pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan, tidak akan bisa berjalan lancar jika siswa tidak melakukan tugas gerak yang diberikan oleh guru dengan semangat. Hal itu dikarenakan metode dan pembelajaran yang monoton dan itu-itu saja. Untuk memberikan suntikan semangat itu seorang guru harus mampu membuat pembelajaran menjadi menarik dan tidak monoton, karena pembelajaran yang monoton akan membuat siswa menjadi bosan dan malas berinteraksi sehingga tujuan pembelajaran menjadi tidak tersampaikan. Salah satu metode agar siswa menjadi berminat  ialah memberikan permainan kecil dalam pemanasan yang digunakan dalam pembelajaran juga.

Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh pemberian permainan kecil dalam pemanasan terhadap minat siswa dalam pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan kelas VIII SMP Negeri 3 Kamal, Bangkalan  dan seberapa besar pengaruh itu. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Subyek dalam penelitian ini berjumlah 29 siswa yaitu kelas VIII A. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Instrumen yang digunakan adalah angket minat siswa. Untuk analisis datanya menggunakan t test atau uji t (dependent).

Berdasarkan hasil penghitungan dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan pemberian permainan kecil dalam pemanasan terhadap minat siswa dalam pembelajaran penjasorkes pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Kamal, Bangkalan yang dibuktikan dari hasil nilai 9,498 > 2,048 dengan taraf signifikan 0,05. Besarnya pengaruh adalah 7,11%.

Kata Kunci: Permainan Kecil Dalam Pemanasan, Minat Siswa, Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan.

Abstract

Learning physical education, sport and health will not run well of there is not a balance interaction between the teacher and student. Either Learning physical education, sport and health will not go well if the students do not do the movement assignment gived by the teacher enthusiasmly. It is because the monotonous and bored methods and learning process. To give the student enthuasism, the teacher must make the interesting learning process for the student. The monotonous and bored learning will make  the students boring and reluctant to interact so the goal of teacher learning will fail. One the methods to make students have enthusiasm to have lesson is by giving a traditional game in warming up.

The aim of this research in to know the impacts of giving traditional game in warming up to the student interests in the learning physical education, sport and health, 8th grade SMPN 3 Kamal, Bangkalan and how big the impacts are. This research in the appearance experimental research with quantitaty descriptif approachment. The subject of this research is 29 students of VIIIA. The interpretation of technique sample is cluster random sampling. The instrument used is student interest questionnaire. Data analysis uses t (test) or uji t (dependent)

Based on theresults of calculation can be concluded that there is a significant impact of giving traditional game in warming up to the students interests in the learninglearning physical education, sport and health  to the 8th grade students of SMPN 3 Kamal, Bangkalan that proved bytcount9,498 > ttable2,048with significance level0,05.The amount off effect was 7,11 %.

Keywords: traditional game in warming up, studentinterests, learning physical education, sport and health

Published
2015-11-28
Abstract Views: 38
PDF Downloads: 199