PERBANDINGAN TINGKAT VO2 MAX SISWA YANG MENGIKUTI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER BOLAVOLI DENGAN EKSTRAKURIKULER BOLA BASKETDI  SMA NEGERI 1 DRIYOREJO

  • DWI LIBRA OKTAFANDI

Abstract

Abstrak

Kegiatan ekstrakurikuler merupakan kegiatan untuk mengembangkan bakat siswa sesuai dengan minatnya. Pada kegiatan yang positif dan dapat lebih memperkaya keterampilan, memperluas wawasan, daya kreativitas, jiwa sportivitas, meningkatkan rasa percaya diri. Akan lebih baik lagi apabila siswa mampu memberikan prestasi yang gemilang di luar sekolah sehinggadapatmengharumkan nama sekolah. Melalui program yang ditetapkan, tersedia kesempatan bagi siswa semua untuk berlatih dan mengembangkan bakat serta meningkatkan VO2 max. Kegiatan ekstrakurikuler bolavoli dengan ekstrakurikuler bola basket mempunyai beberapa kesamaan dalam gerakannya itu ekstrakurikuler bolavoli gerak dasar passing atas hamper sama dengan gerak dasar passing atas bola basket yaitu gerakan overhad pass. Bolavoli untuk melatih latihan lompat saat smash dan bola basket untuk melatih jump ball dan lay up. Inti dari ekstarkurikuler bola basket dan ekstrakurikuler bolavoli adalah untuk melatih ketangkasan tangan  yang di dominan di gunakan dalam permaianan.Oleh karena itu rumusan masalah yang diajukan yaitu Adakah hubungan antara VO2 max dengan kegiatan ekstrakurikuler bola voli pada SMAN 1 Driyorejo?, Adakah hubungan antara VO2 max dengan kegiatan ekstrakurikuler bola basket pada SMAN 1 Driyorejo?, Adakah perbedaan antara VO2 max dengan kegiatan ekstrakurikuler bola voli dengan bola basket pada SMAN 1 Driyorejo?. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan nilai VO2Max siswa yang mengikuti ekstrakurikuler bolavoli dengan bolabasket dibuktikan dengan hasil hitung uji t yaitu nilai Sig. >alpha (0,411 > 0,05). Berdasarkan nilai mean dari kedua kelompok, siswa yang mengikuti ekstrakurikuler bolabasket memiliki nilai VO2Max lebih tinggi dibandingkan siswa yang mengikuti ekstrakurikuler bolavoli dengan beda sebesar 2,267.

Kata Kunci : VO2 Max, Ekstrakurikuler, Bola Voli, Bola Basket

Abstract

Extracurricular activities are activities to develop the talent of the students according to their interests. On a positive activity and can further enrich the skills, broaden horizons, creativity, spirit of sportsmanship, improve self-esteem. It would be better if the student is able to give a glorious achievement outside of school so it can be the name of the school. Through the set, provided an opportunity for all students to practice and develop their talents and to increase VO2 max. Extracurricular activities volleyball to basketball has some similarities in movements of extracurricular volleyball basic motion passing on almost the same as the basic motion of passing on basketball ieoverhad movement pass. Volleyball for training exercises when the jump smash and basketball to train jump ball and lay up. The essence of extracurricular basketball and volleyball is to train agility in the dominant hand is used in games. Therefore, the proposed formulation of the problem is there any relationship between VO2 max with extra curricular activities volleyball at SMAN 1 Driyorejo?, Is there a relationship between VO2 max with extracurricular activities basketball at SMAN 1 Driyorejo?, Are there differences between VO2 max with extracurricular activities volleyball with basketball at SMAN 1 Driyorejo?. The method use din this research his using descriptive analysis with quantitative approach. The results showed that there was nosignificant difference in VO2 max values of students who take extracurricular volleyball to basketball evidenced by the results of the t test calculated that the Sig. >alpha(0.411>0.05). Based on the mean values of the two groups, the students follow basketball extracurricular VO2 max values higher than students  take the difference of extracurricular volleyball with 2,267.

Keywords : VO2 Max, Extracurricular, Volleyball, Basketball

Published
2015-11-28
Abstract Views: 43
PDF Downloads: 78