PENGARUH MODIFIKASI PEMANASAN TERHADAP EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN PASSING BAWAH BOLAVOLI ( STUDI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 51 SURABAYA)

  • MOHAMMAD HALIM

Abstract

Abstrak

Pendidikan merupakan hal yang penting, salah satunya adalah pendidikan jasmani. Namun, keberadaan pendidikan jasmani justru dianggap mengganggu perkembangan intelektual anak. Oleh karena itu sebaiknya guru penjasorkes memberikan model pembelajaran yang bervariasi kepada siswa-siswinya disetiap lembaga pendidikan, mulai sekolah dasar hingga perguruan tinggi. Karena tujuan penjasorkes disini adalah untuk membantu siswa-siswi dalam meningkatkan kesehatan jasmaninya, keterampilan gerak dasar melalui pengenalan dan penanaman sikap positif dan pematangan sikap mental serta perilaku hidup sehat yang di implementasikan dalam berbagai aktifitas jasmani. Penelitian ini dilakukan pada siswa SMP Negeri 51 Surabaya, dimana pemberiaan materi passing bawah bolavoli dengan menggunakan modifikasi pemanasan. Penelitian ini dilakukan empat kali pertemuan. Pada pertemuan pertama dan terakhir digunakan untuk mengambil nilai pretest dan posttest. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan adanya perbedaan nilai antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian semu dengan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan terdiri dari 36 siswa pada kelompok eksperimen dan 35 siswa pada kelompok kontrol. Modifikasi pemanasan memberikan pengaruh positif terhadap efektifitas pembelajaran passing bawah bolavoli. Hasil thitung pada kelompok eksperimen adalah 6,574 sedangkan thitung  pada kelompok kontrol adalah 4,87. Kelompok eksperimen memberikan peningkatan hasil belajar sebesar 7,95% sedangkan kelompok kontrol sebesar 5,94%.

Kata kunci : modifikasi pemanasan, efektifitas pembelajaran, passing bawah.

Abstract

Education in an important thing, one of them  is Physical Education.  But, nowaday Physical Education  is consider bothered  children’s intellectual development. So that, will be better if Physical Education’s teacher giving the variation of learning models to the students in every education institute, from Elementary School until University. Because Physical Education’s purpose is to help the students increase physical healthy, basic movement skill with introducing positive attitude and maturation mental attitude and also healthy live that implementation in every physical effectivity. This research was did to Junior High School 51 Surabaya students, where volleyball under passing is given with using warming up modification. This research was did fout times. In first and last learning was used to take pretest and posttest score. The purpose of the research is to prove the different score between eksperiment class and control class. The research is quasi research with quantitative approach. The sample that use is 36 students of eksperiment class and 35 students of control class. Warming up modification was given positive effects for volleyball under passing learning effectivity. The result of tscore in eksperiment class is 6,574 and tscore in control class is 4,87. Eksperiment class give increase 7,95% and control class 5,94%.

Keywords: warming up modiification, learning effectivity, under passing.

Published
2015-11-28
Abstract Views: 18
PDF Downloads: 60