PENGARUH METODE TUTOR SEBYA TERHADAP HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH GAYA MENGGANTUNG (STUDI PADA SISWA KELS VIII SMP NEGERI 1 MOJOANYAR MOJOKERTO)

  • YUDHA TRI SUSILO

Abstract

Abstrak

Lompat Jauh adalah suatu bentuk gerakan melompat mengangkat kaki ke atas ke depan dalam upaya membawa titik berat badan selama mungkin di udara (melayang di udara) yang dilakukan dengan cepat untuk mencapai jarak yang sejauh-jauhnya. Banyak metode pembelajaran yang digunakan agar dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menguasai tehnik dasar lompat jauh. Akan tetapi dalam kenyataaannya masih banyak siswa yang belum mampu menguasai gerak dasar ini dengan metode yang diterapkan oleh para pendidik. Untuk itu diperlukan metode lain yang mampu meningkatkan kemampuan peserta didik dalam mengusai materi lompat jauh.

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pengaruh metode tutor sebaya terhadap hasil belajar lompat jauh gaya menggantung di SMPN 1 Mojoanyar. (2) Untuk mengetahui besarnya pengaruh metode tutor sebaya terhadap hasil belajar lompat jauh gaya menggantung di SMPN 1 Mojoanyar. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 1 Mojoanyar Mojokerto dan sampel kelas VIII E yang berjumlah 28 siswa. Instrumen dalam penelitian ini berupa tes lompat jauh gaya menggantung. Analisis yang digunakan uji t sampel sejenis.

Berdasarkan hasil penelitian tentang pengaruh metode tutor sebaya terhadap hasil belajar lompat jauh gaya menggantung dalam pembelajaran penjasorkes, diketahui bahwa metode tutor sebaya dapat meningkatkan hasil belajar lompat jauh gaya menggantung dalam pembelajaran penjasorkes sebesar 11,15%. Untuk hasil belajar lompat jauh gaya menggantung  ada peningkatan dari hasil pre-test dan post-test dengan hasil uji-t sampel berpasangan dengan t-hitung lebih besar dari t-tabel (10,28 > 1,70). Sehingga dengan kata lain dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan metode tutor sebaya terhadap hasil belajar lompat jauh gaya menggantung dalam pembelajaran penjasorkes pada siswa kelas VIII-E di SMP Negeri 1 Mojoanyar Mojokerto. 

Kata Kunci: Metode Tutor Sebaya, Hasil Belajar Lompat Jauh Gaya Menggantung

Abstract

The long jump is a sorf of movement which lifts forward the foot as an attempt to bring the point of body weigh on the air as long possible (hovering the air) and it is done quickly to reach the longest distance. Many learning methods are used in order to enhance the student’s ability to master the long jump basic motion. However, there are many students still have not been able to master these basic movements with the methods applied. It required another method that can improve the ability of learners in improving their ability in long jump basic motion.

The purpose of this study was (1) to determine the effect of peer tutoring methods on long jump hang style learning result in mojoanyar 1 junior high school (2) To determine the influence of peer tutoring on long jump hang style learning result in mojoanyar 1 junior high school. This is a quasi eksperiment research with one group pretest-posttest design. Population in this research is all student class VIII of SMPN 1 Mojoanyar Mojokerto and sample class VIII E that amounted of 28 student. Instrument in this research is a long jump hang style test. Data analysis applied is mean, standart deviation, variant, test distribution normal, paired sampels t test.

Based on the results of research on the effects of peer tutoring methods on long jump hang style learning result, it is known that the peer tutoring methods to improve long jumph hang style learning result of 11,15%. For long jump hang style learning result there is an increase from the pre-test and post-test with the results of paired samples t-test with t-count is greater than t-table (10,28> 1,70). So in other words it can be concluded that there is significant influence through peer tutoring methods to improve long jump hang stylelearning result in class VIII-E in the Mojoanyar 1 junior high school Mojokerto.

Keywords: Influence , Peer Tutoring, Long Jump Hang Style Learning Result

Published
2015-11-28
Abstract Views: 12
PDF Downloads: 20