PENERAPAN MODIFIKASI PERMAINAN TERHADAP HASIL BELAJAR SHOOTING PADA PERMAINAN FUTSAL (STUDI PADA PESERTA EKSTRAKURIKULER FUTSAL SMP NEGERI 28 SURABAYA)

  • IMAM HANAFI

Abstract

Abstrak

Peran seorang pelatih adalah kunci utama dalam suatu kegiatan pelatihan ekstrakurikuler. Keberhasilanpelatih dalam kegiatan latihan dapat dilihat dari kualitas latihan dan juga hasil belajar siswa. Agar siswa dapat melakukan teknik shooting dalam permainan futsal dengan baik serta sesuai dengan teknik dasar, seorang pelatih harus menciptakan model-model latihan yang bervariasi berupa modifikasi permainan, yang pelaksanaannya lebih mudah dan dapat memotivasi siswa untuk melaksanakan belajar gerak secara maksimal. Dalam penelitian ini modifikasi permainan yang digunakan antara lain permainan tembaklah aku, estafet bola (lewat bawa paha dengan cara menendang bola), dan permainan lingkaran pinball.Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui adakah pengaruh penerapan modifikasi permainan terhadap hasil belajar shooting pada permainan futsal. 2) Untuk mengetahui seberapa besar peningkatan dalam penerapan modifikasi permainan terhadap hasil belajar shooting pada permainan futsal.Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Dan subjek penelitiannya adalah peserta ekstrakurikuler futsal di SMP Negeri 28 Surabaya yang berjumlah 40 siswa.Dari hasil penelitian secara umum dan berdasarkan hasil penghitungan analisis data, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan pada penerapan modifikasi permainanterhadap hasil belajar shooting pada permainan futsal dibuktikan dengan hasil t hitung > t tabel (6,194 > 1,685), dengan taraf signifikansi 0,05. Adapun pengaruh tersebut ditunjukkan dengan peningkatan hasil belajar sebesar 27,54 %, dilihat dari hasil belajar yang digunakan pada saat pre-test dan post-test yaitu lembar penilaian proses teknik dasar shooting pada permainan futsal (judgement expert).

Kata Kunci: Modifikasi Permainan, Hasil belajar shooting futsal. 

Abstract

The role of a coach is the main key in an extracurricular training. The success of coach in a training activity can be seen from the training quality and the students’ learning result. In order for the students to be able to do the shooting technique wel in a futsal game and suitable with the basic technique, the coach has to create a variation in training models in shape of game modification that is easier and can motivate the students to do the learning movement maximally. In this research, the learning modifications used are “shoot me“ game, estafet ball (through below the leg by kicking the ball), and pinball game.The goals of this research are: 1) knowing if there is any effect from the use of game modification toward shooting learning result in futsal game. 2) Knowing how much the improvement are in the modification game implementation toward shooting learning result in futsal game.This research is quation research with quantitative descriptive approach. The research subject is the futsal extracurricular participant in SMP Negeri 28 Surabaya which are 40 students.From the general result of the research and from the data analysis calculation, it could be concluded that there was a significant influence in the implementation of game modification toward the learning result of shooting in futsal game, proven with the calculation of t test > t table (6,194 > 1,685), with grade significancy 0,05. While the influence showed the increase in the study result of 27,54 %, it was analyzed from the study result when pre-test and post-test were conducted by using process scoring sheet of basic shooting technique in the futsal game (expert judgement).

Keywords: game modification, futsal shooting learning result.

Published
2015-11-28
Abstract Views: 67
PDF Downloads: 271