IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA, DAN KESEHATAN (PJOK) DI SMA NEGERISE-KABUPATEN JOMBANG

  • M. KHUDHORI

Abstract

Abstrak

Kurikulum 2013 telah diterapkan di seluruh sekolah formal di Indonesia pada tahun 2014, tepatnya pada semester ganjil tahun ajaran 2014/2015.Satu tahun sebelumnya, kurikulum 2013 telah dilaksanakan di beberapa sekolah percontohan.Menindaklanjuti hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi kurikulum 2013, khususnya mata pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) di SMA Negeri se-Kabupaten Jombang. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif.Oleh sebab itu, penelitian ini mengambil sampel dari satu populasi dan menggunakan angket sebagai instrumen pengumpulan data. Sampel dari penelitian ini dibagi menjadi lima wilayah yakni timur, selatan, barat, utara, dan tengah. Wilayah timur diwakili oleh SMA Negeri Mojoagung, wilayah selatan diwakili oleh SMA Negeri Jogoroto, wilayah barat diwakili oleh SMA Negeri Bandar Kedungmulyo, wilayah utara diwakili oleh SMA Negeri Ploso, dan wilayah tengah diwakili oleh SMA Negeri 1 Jombang. Penganalisisan data didasarkan pada hasil penghitungan persentase dari hasil pengisian instrumen angket oleh responden. Terdapat lima responden dalam penelitian ini yakni Guru PJOK, siswa, Kepala Sekolah, Komite Sekolah, Pengawas Sekolah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi kurikulum 2013 mata pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) di SMA Negeri se-Kabupaten Jombang sudah cukup baik dengan persentase 77,73%.

Kata Kunci :Implementasi Kurikulum 2013, Penjasorkes.

Abstract

2013 Curriculum has been applied throughout Indonesian’s formal school in 2014, precisely in the first semester of the school year 2014/2015. One year earlier, 2013 curriculum has been implemented in several representation schools. In relation with it, this study aimed to describe the implementation of 2013 curriculum toward Physical Education, Sport, and Health (PJOK) subject in Jombang Senior High School area. This study is a descriptive qualitative research. This study took the sample from one population and used the questionnaire as the data collection instrument. The sample of this study was divided into five regions i.e. eastern, southern, western, northern, and central Jombang. The eastern region was represented by SMA Mojoagung, the southern region was represented by SMA Jogoroto, the western region was represented by SMA Bandar Kedungmulyo, the northern region was represented by SMA Ploso, and the central region was represented by SMA Negeri 1 Jombang. The data analysis technique used in this study was based on the percentage result of questionnaires filled by the respondents. There were five respondents in this study i.e. PJOK teachers, students, principals, school committees, and school superintendent. The result of this study indicated that the implementation of the 2013 curriculum toward Physical Education, Sport, and Health (PJOK) subject Jombang Senior High School area is already well implemented by the percentage of 77.73%.

Keywords: 2013 Curriculum implementation, Penjasorkes.

Published
2015-11-28
Abstract Views: 42
PDF Downloads: 629