PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE Student Teams Achievement Division (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR START JONGKOK (STUDI PADA SISWA KELAS V SDN GELURAN II TAMAN SIDOARJO)
Abstract
Abstrak
Pembelajaran atletik materi start jongkok merupakan salah satu cabang olahraga yang masuk dalam kurikulum pendidikan di sekolah, oleh karena itu dalam rangka menumbuhkan peningkatan kualitas siswa pada pembelajaran atletik khususnya pada materi start jongkok, diperlukan bentuk-bentuk model pengajaran yang bervariasi dan menarik bagi siswa agar menimbulkan rasa senang dan gembira sehingga kemampuan siswa dalam melakukan start jongkok menjadi meningkat. Beberapa pendekatan dalam pembelajaran yang dapat diterapkan diantaranya adalah dengan model pembelajaran langsung dan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Setiap pendekatan pembelajaran memiliki kelebihan dan kelemahan yang dapat mempengaruhi proses pembelajaran dan hasil belajar siswa. Oleh karena itu, seorang guru harus mampu menguasai materi dan memilih model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa, sehingga proses pembelajaran lebih efektif dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang lebih baik.Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) perbedaan hasil belajar start jongkok antara model pembelajaran langsung dan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas V di SDN Geluran II Taman Sidoarjo; (2) besar perbedaan hasil belajar start jongkok antara model pembelajaran langsung dan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas V di SDN Geluran II Taman Sidoarjo. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Geluran II Taman Sidoarjo dan jumlah sampel yang diambil sebanyak 50 siswa yang dibagi menjadi 2 kelompok dengan masing-masing kelompok beranggotakan 25 siswa.Metode dalam analisa ini menggunakan metode statistik uji t paired sample t-test. Proses pengambilan data dilakukan dengan melakukan tes start jongkok, dengan mencatat hasil nilai pretest maupun posttest pada masing-masing kelompok.Hasil penelitian sebagai berikut: (1) Tidak ada perbedaan hasil belajar start jongkok antara model pembelajaran langsung dan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas V di SDN Geluran II Taman Sidoarjo. Hal ini berdasarkan pada hasil SPSS t-test independent yaitu p value> 0,05 atau 0.124 > 0.05. (2) Model pembelajaran langsung memberikan peningkatan sebesar 70%, Sedangkan pada model pembelajaran kooperatif tipe STAD memberikan peningkatansebesar 63% terhadap hasil belajar start jongkok. Jadi besar perbedaan hasil belajar start jongkok antara model pembelajaran langsung dan model pembelajaran kooperatif tipe STAD yaitu sebesar 7%.
Kata Kunci: Pembelajaran langsung, kooperatif tipe STAD, start jongkok.
Abstract
Athletic learning crouch start is one of the sports branch that included to education curriculum at school, therefore in order to improve student’s qulity improvement on athletic learning especially on crouch start matter, it needs varied learning model and interesting to student to growth happy and pleasant feelings so that student’s ability on crouch start become improved. Several approaches on learning that can applied are direct learning model and STAD cooperative learning model. Every learning approach have advantages and disadvantageous that can affect learning process and student’s learning result. Therefore, a teacher must be able to mastering matter and choose appropriated learning model based on student’s characteristic, so that learning more effective and able to improve better student’s learning result. The aim of these research are to find out: 1) differences between results of crouch start student’s learning result on direct learning and STAD cooperative learning model Studyto fifth grade Student of state elementary school Geluran II TamanSidoarjo; 2) the amount results differences of crouch start on direct learning and STAD cooperative learning model.. The subject of this research was fifth grade student of state elementary school Geluran II TamanSidoarjoand the amount of sample that taken are 50 students that divided to 2 groups with each group consisted of 25 students. Method in this analysis applying paired sample t-test statistical method. Data collecting process conducted by perform crouch start test, by recording pretest and posttest result on each group. Research results are as follow: 1) There is no significant differences on student’s crouch start learning result on direct learning model with STAD cooperative learning model that proved by SPSS t-test independent result namely p value > 0.05 or 0.124 > 0.05. 2) Direct learning gives improvement as big as 70% while STAD cooperative learning model gives improvement as big as 63% to crouch start learning result. So the amount of crouch start learning result differences between direct learning and STAD cooperative learning model is 7%.
Keywords: direct learning, cooperative type STAD, crouch start.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section

