PENGARUH EFIKASI DIRI, PENETAPAN TUJUAN DAN KEPUASAN KERJA PADA PENGEMBANGAN KOMPETENSI GURU PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA DAN KESEHATAN (STUDI  PADA  GURU PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA DAN KESEHATAN DI SMA NEGERI SE-KOTA SURABAYA)

  • RENATA MELATI PUTRI

Abstract

Abstrak

Kompetensi professional sebagai salah satu pilar pendukung peningkatan kualitas guru perlu dikembangkan sejalan dengan kebutuhan lingkungan. Kompetensi professional merupakan kemampuan yang berkenaan dengan penguasaan materi pembelajaran bidang studi secara luas dan mendalam yang mencakup penguasaan subtansi isi materi kurikulum mata pelajaran di sekolah dan subtansi keilmuan yang menaungi materi kurikulum tersebut, serta menambah wawasan keilmuan sebagai guru. Penelitian ini merupakan penelitian non-eksperimen korelasional dengan pendekatan bersifat kausal korelasional deskriptif yang ditandai oleh adanya analisis teknik regresi dan korelasi. Subyek penelitian sebanyak 30 guru pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan yang bersertifikat pendidik professional di SMA Negeri Se-Kota Surabaya. Efikasi diri, penetapan tujuan dan kepuasan kerja diungkap oleh angket penilaian sikap. Sedangkan pengembangan kompetensi professional diungkap oleh angket yang diadaptasi dari instrument Pengembangan Kompetensi Berkelanjutan (PKB). Pembuktian hipotesis menggunakan rumus r product moment, ANOVA, dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keadaan efikasi diri guru termasuk dalam kategori sangat tinggi dengan persentase sebesar 85,7%. Keadaan penetapan tujuan guru berada dalam kategori tinggi dengan persentase 76,3%. Sedangkan untuk keadaan kepuasan kerja juga berada dalam kategori tinggi dengan persentase 80,7%. Hasil uji hipotesis terdapat pengaruh efikasi diri, penetapan tujuan dan kepuasan kerja pada pengembangan kompetensi professional sebesar 27,9%. Kesimpulan: efikasi diri, penetapan tujuan, dan kepuasan kerja memberikan pengaruh yang cukup berarti dalam pengembangan kompetensi professional guru pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan.

Kata kunci: kompetensi professional, efikasi diri, penetapan tujuan, kepuasan kerja.

Abstract

Professional competency is one of the pillars which supports the improvement of teacher’s quality that should be developed align with the needs of environment. Professional competency is the ability that related to mastery learning material study subject that covers in-depth mastery of material substance of the subject contents in school curriculum and the substance of science which covers curriculum materials, and gain teacher’s knowledge. This study is a non-experimental correlational with causal descriptive correlational approach characterized by the presence of regression and correlation analysis technique. The subjects of the study were 30 certified physical education, sports, and health teachers in State High School in Surabaya City. Self-efficacy, goal setting, and job satisfaction expressed by the assessment questionnaire. While the development of professional competency revealed by a questionnaire adapted from the instrument of Sustainable Competency Development (PKB). Analysis of hypothesis was product moment formula, ANOVA, and multiple regression analysis. The results showed that the state of teacher’s self-efficacy is in very high category with a percentage of 87%. The state of teacher’s goal setting is in high category with 76,3%. As for the state of job satisfaction is in high category with 80,7%. Hypothesis assessment indicates that self-efficacy, goal setting and job satisfaction have effected the development of professional competency for 27,9%. Conclusion: self-efficacy, goal setting and job satisfaction influence significantly on the development of professional competency of physical education, sports, and health teachers.

Keywords: professional competency, self-efficacy, goal setting, job satisfaction.

Published
2015-11-28
Abstract Views: 67
PDF Downloads: 87