PENINGKATAN HASIL BELAJAR TOLAK PELURU GAYA ORTODOKS MELALUI PENDEKATAN MODEL  PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD)

  • PUGUH WIBOWO

Abstract

Abstrak

Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement division (STAD) pada pelajaran penjaskesrek. Subjek penelitian ini adalah 33 orang siswa kelas V SDN Sendang II Senori Tuban semester II tahun 2013/2014. Pelaksanaan penelitian ini terdiri dari dua siklus dan setiap siklusnya terdiri dari beberapa tahap yakni perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Jenis data yang dikumpulkan pada penelitian ini adalah aktivitas belajar siswa,aktivitas belajar guru, kendala-kendala selama pembelajaran dan data hasil belajar siswa setelah penerapan model pembelajaran tipe STAD. Pengumpulan data dilakukan dengan alat evaluasi yang berupa tes untuk mengukur hasil belajar. Pada kegiatan pengumpulan data peneliti dengan di bantu tiga observer. Data dari penelitian ini dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Ketika proses pembelajaran berlangsung baik pada pada siklus I dan siklus II menunjukkan bahwa aktivitas guru dapat meningkat, hal ini di indikasikan dengan peningkatan aktivitas guru pada siklus I ada kekurangan pada poin nomor 2 yaitu kurangnya menstimulus siswa agar memberikan penjelasan-penjelasan untuk tiap momornya  dan pada tindakan siklus II ada peningkatan karena semua poin sudah masuk dalam kriteria baik. Aktivitas siswa selama proses pembelajaran, dari tindakan siklus I dan tindakan siklus II menunjukkan terjadi peningkatan aktivitas siswa, dari tindakan siklus I ada kekurangan pada poin memahami teks dengan bekerjasama dalam kelompok dan saling membantu teman yang mengalami kesulitan  dan pada tindakan siklus II ada peningkatan karena semua poin sudah masuk dalam kriteria baik. Pada hasil belajar siswa yang diperoleh dari siklus I dan siklus II, diperoleh nilai rata-rata hasil belajar siklus I yaitu 70,12% dan nilai rata-rata hasil belajar pada siklus II yaitu 81,81% . Hal ini menunjukkan bahwa setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement division (STAD)  dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Sendang II Senori Tuban. Dengan demikian penerapan model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement division (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar tolak peluru gaya ortodoks siswa.

Kata Kunci : Model pembelajaran student teams achievement division (STAD), Belajar tolak peluru gaya ortodoks, Hasil belajar siswa.

Abstract

On Class Action Research has a purpose for increasing the result of student through cooperative learning model approach “student achievement division (STAD) type on physical and health education lesson. This research subject is 33 students of class 5th at Sendang II Elementary School Senori Tuban Semester II for 2013 – 2014’s years. This research consists of two ways and every way consists of some steps that are plan, action, observation, and reflection. This data could be submitted on this research is the student learning activities, the teacher learning activities, its problems during the learning time and the result of study after doing STAD Learning method. Data collection could be done through the evaluation device that is a test for checking the result of study. On data collection activity which is being helped by three observer. And data from this research could be analyzed quantitative descriptive. When the direct learning process in good by the first way and the second way showed that the teacher’s activity could be increased, this is indicated with the increasing of teacher’s activity on the first way which has the pointless on the second is not done yet to stimulate the student in order to give the explanations for every number and the second action which has the increasing one, because all the points had entered in the good criteria. The student activity is for the learning process, from the first action and the second action show the event of student activity in increasing, from the first action still has a bad point to understand the text with making a cooperation in the group and helping one of each other which has experienced the difficulty and the second action has the increasing one because all the points had entered in the good criteria. On the result of study for student had been got by the average of study on the second way that is 81,81%. This shows that is after the cooperative learning application student team achievement division (STAD) could increase the result of study for student class 5th at Sendang II Elementary School SenoriTuban. Indeed, cooperative learning application student team achievement division method (STAD) could increase the result of study Tolak Peluru orthodox style for student. 

Keywords: The learning way student team achievement division (STAD), Studying for Tolak Peluru orthodox style, the result of study.

Published
2015-11-28
Abstract Views: 20
PDF Downloads: 70