KETERLAKSANAAN KURIKULUM 2013 MATA PELAJARAN PJOK TINGKAT SMP PADA SEKOLAH SATU ATAP DI PULAU GILI KETAPANG DAN WILAYAH KABUPATEN PROBOLINGGO

  • MOCH. ARIEF SULTONI

Abstract

Abstrak

Kurikulum merupakan salah satu komponen penting dalam tercapainya tujuan pendidikan. Kurikulum bersifat dinamis dan dsesuaikan dengan tuntutan kompetensi siswa baik saat ini maupun dimasa yang akan datang. Saat ini, kurikulum yang berlaku di Indonesia yaitu kurikulum 2013 dan sudah berjalan selama hampir 2 tahun. Pemerintah sudah melakukan berbagai upaya secara bertahap untuk meningkatkan implementasi kurikulum 2013 serta memperluas jangkauan pemerataan dan jenjang pendidikan yang di berlakukan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana tingkat keterlaksanaan kurikulum 2013 untuk mata pelajaran PJOK tingkat SMP di wilayah kepulauan dan daratan di Kabupaten Probolinggo. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sekolah sasaran dalam penelitian ini yaitu SMPN 3 Sumberasih Satu Atap sebagai sekolah di Pulau Gili Ketapang dan SMPN 5 Lumbang Satu Atap sebagai sekolah sasaran di wilayah Kabupaten Probolinggo. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu berupa kuisioner yang ditujukan kepada kepala sekolah, guru PJOK, siswa, komite sekolah dan pengawas. Hasil penelitian menunjukkan bahwasanya keterlaksanaan kurikulum 2013 mata pelajaran PJOK untuk kedua sekolah masih belum sepenuhnya berjalan dengan baik. Berdasarkan hasil analisis, di SMPN 3 Sumberasih Satu Atap mempunyai presentase sebesar 71,76% atau dalam kategori cukup. Sedangkan untuk SMPN 5 Lumbang Satu Atap yaitu sebesar 75,72% atau dalam kategori cukup. Dalam pelaksanaanya, keduanya masih mempunyai beberapa kendala yaitu (1) Pemahaman guru terkait proses pembelajaran masih kurang, (2) Kegiatan pelatihan dirasa masih kurang, (3) Tingkat pemahaman siswa, (4) Sarana prasarana penunjang pembelajaran, khususnya di SMPN 3 Sumberasih Satu Atap yang masih kurang, serta (5) Guru masih kesulitan dalam menerapkan sistem penilaian.

Kata Kunci : Keterlaksanaan, Kurikulum 2013, PJOK.     

Abstract

Curriculum takes an important part in education component to reach the goal of education. Curriculum has dynamic characteristic and should be adapted with student’s competency that useful for this time or for their future. Nowadays, curriculum that applied in Indonesia is Kurikulum 2013, and the implementation has been applied for 2 years in formal education in Indonesia. The government has done some efforts gradually to increase the implementation of Kurikulum 2013 through expand prevalently and the educational level. The aims of this research is to know whether the implementation of Kurikulum 2013 Physical Education subject of junior high school level in Satu Atap among island area and land in Kabupaten Probolinggo. This research used descriptive method and used qualitative approach. The samples of this research are junior high school 3 Sumberasih Satu Atap and junior high school 5 Sumberasih Satu Atap in Kabupaten Probolinggo. In addition, the researcher used questionnaires for the headmaster, Physical Education teacher, students, and school committee and school superintendent as the instrument to collect the data. From the questionnaires’ result the researcher found that the implementation of Kurikulum 2013 Physical Education subject, both this schools is not fully implemented that Kurikulum 2013. Moreover, based on the analysis result, junior high school 3 Sumberasih Satu Atap has 71,76% percentage or included in “fair category” and junior high school 5 Lumbang Satu Atap has 75,72% percentage or included in “fair category”. During the implementation, both  school have some constraints, (1) Teacher’s comprehension in teaching and learning process is still deficient, (2) The training program is deficient, (3) The condition of student’s capability in learning process, (4) The infrastructures for studying program, especially in junior high school 3 Sumberasih Satu Atap is still deficient, and (5) The teachers still have some difficulties to apply the assessment system.

Keywords: The implementation, Kurikulum 2013, Physical Education

Published
2015-11-28
Abstract Views: 37
PDF Downloads: 59