MOTIVASI BELAJAR MATAKULIAH PENCAK SILAT PADA MAHASISWA PESERTA UNIT KEGIATAN MAHASISWA PENCAK SILAT (Studi pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Olahraga Angkatan 2014)

  • AINUR CITRA AHLAM

Abstract

Abstrak

 Motivasi berperan penting dalam pencapaian keberhasilan belajar, khususnya dalam pembelajaran pencak silat di jurusan pendidikan olahraga. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif pada mahasiswa jurusan pendidikan olahraga angkatan 2014 yang berkaitan dengan aspek motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik, yang bertujuan untuk mengetahui motivasi belajar matakuliah pencak silat pada mahasiswa peserta Unit Kegiatan Mahasiswa Pencak Silat. Penelitian ini menggunankan instrumen penelitian berupa angket dengan populasi mahasiswa jurusan pendidikan olahraga angkatan 2014 yang belum pernah mengikuti pencak silat, dan sekarang menjadi peserta Unit Kegiatan Mahasiswa Pencak Silat yang berjumlah 146 mahasiswa. Hasil penelitian dengan perhitungan persentase ini dibagi menjadi tiga kategori, tinggi, sedang, rendah. Motivasi belajar mahasiswa yang berkaitan dengan indikator motivasi intrinsik pada kategori tinggi memperoleh hasil 53,42% dengan frekuensi sebanyak 78, kategori sedang memperoleh hasil 13,70% dengan frekuensi sebanyak 20, indikator motivasi ekstrinsik pada kategori tinggi memperoleh hasil 25,34% dengan frekuensi sebanyak 37, kategori sedang memperoleh hasil 7,53% dengan frekuensi 11. Simpulan penelitian bahwa motivasi belajar matakuliah pencak silat pada peserta Unit Kegiatan Mahasiswa Pencak Silat dominan memiliki motivasi intrinsik dengan persentase sebesar 53,42% (kategori tinggi).

Kata Kunci : Motivasi Belajar, Pencak Silat

Abstract

Motivation plays an important role in achieving success in learning, particularly in learning martial arts with a major in physical education. This research is descriptive in sports education students in 2014 with regard to aspects of intrinsic motivation and extrinsic motivation, which aims to find the motivation to learn martial arts courses on students participating in Pencak Silat Student Activity Unit.
This study is using research instrument in the form of a questionnaire to a population of students majoring in physical education class of 2014 who has never participated in martial arts, and is now a participant. Pencak Silat Student Activity Unit totaling 146 students. Research results with the percentage calculation is divided into three categories, high, medium, low. Student learning motivation related to the indicators in the category of high intrinsic motivation to obtain the result of 53.42% with a frequency of 78, the category is gaining 13.70% results with a frequency of 20 indicators extrinsic motivation at a high category to obtain results with a frequency of 25.34% as many as 37, the category is gaining 7.53% results with a frequency of 11. The conclusions of research that motivation to learn martial arts course participants Pencak Silat Student Activity Unit dominant intrinsic motivation with a percentage of 53.42% (high category).

Keywords: Motivation, Pencak Silat

Published
2015-11-28
Abstract Views: 49
PDF Downloads: 61